HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

WWF Berikan Pemahaman terkait Gheotermal kepada Pemuda Seulawah

14

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Oragnisasi World Wide Fund for Nature (WWF) mengadakan pelatihan tentang pemahamam gheotermal kepada 50 orang pemuda dari berbagai komunitas dan juga pemuda mukim di Hotel Sulthan, Banda Aceh, tanggal 3- 4 Maret 2017.

Fasilitator Kegiatan Nanda Mariska mengatakan, para peserta dibekali materi dan diajak discus berkaitan dengan energi berkelanjutan. Pada kegiatan ini, sebagian peseta diikuti ollen pemuda mukim yang berada di sekitar kawasan Gunung Seulawah.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman bagi pemuda yang berada langsung di lokasi Seulawah yang menjadi salah satu sasaran geothermal. Jadi kita memberitahu apa itu geothermal, manfaat dan dampaknya. Selain itu, komunitas-komunitas yang ada di Banda Aceh juga hadir untuk menyebarkan pengetahuan ini agar diketahui oleh banyak orang,” ujarnya.

Nanda menambahkan, sejak hari pertama, pelatihan ini langsung diisi oleh WWF Indonesia. Sedangkan di hari kedua, diisi materi tentang kampanye hemat energy, kampanye social media dan fotografi lingkungan yang diiharapkan agar pemuda mengangkat isu ini ke social media.

“Saat ini WWF bersama AGF sedang mendampingi masyarakat disekitar Gunung Seulawah, Aceh Besar, untuk pembekalan masyarakat setempat tentang pemahaman geothermal, pemberdayaan masyarakat dengan budidaya jamur. Kemudian, masyarakat juga dibekali dengan pengetahuan mapping menggunakan GPS. Sehingga nantinya mereka tahu jika dibangun energi geothermal, ada wilayah-wilayah yang harus tetap dijaga, seperti padang meurabe, tempat bersejarah, tanah waqaf, dan sebagainya”.

“Kita berharap setiap peserta juga bisa sharing dengan teman komunitas dan teman mukimnya, itu merupakan tindak lanjut yang paling mudah untuk dilakukan. Apabila mereka membutuhkan fasilitator terkait dengan isu ini, kami siap mendampinginya,” tutup Nanda. []

 

Editor: Eko Densa

loading...