HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Izin Royal Bank of Scotland Dicabut Pihak Otoritas Jasa Keuangan

13

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan mencabut izin usaha salah satu kantor cabang bank asing The Royal Bank of Scotland N.V. (RBS N.V) di Indonesia.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK, Irwan Lubis melalui keterangan tertulis di Jakarta mengatakan pencabutan izin tersebut merupakan tindak lanjut dari strategi bisnis grup RBS di Inggris yang memutuskan untuk menutup jaringan bisnisnya di 25 negara, termasuk Indonesia.

“Rencana penutupan kantor cabang di Indonesia mulai dilaksanakan pada semester II-2015, diawali dengan penutupan kantor cabang pembantu RBS N.V di Surabaya pada Desember 2015,” kata Irwan dikutip Antara.

Keputusan pencabutan izin dikeluarkan dalam Rapat Dewan Komisioner (RDK) OJK dan telah ditetapkan dalam Keputusan RDK OJK Nomor 7/KDK.03/2017 tanggal 28 Februari 2017 tentang Pencabutan Izin Usaha Kantor Cabang The Royal Bank of Scotland N.V. di Indonesia.

Irwan menjelaskan, permohonan Kantor Pusat RBS N.V. di Belanda disampaikan kepada OJK pada tanggal 1 November 2016.

Sebagai gambaran, RBS N.V. memiliki sejarah operasional yang panjang di Indonesia. Kantor Cabang RBS N.V. mulai beroperasi pada 1969 dengan nama ABN AMRO Bank N.V. KC Indonesia.

Sejak tahun 2010, kepemilikan saham mayoritas RBS N.V. dikuasai oleh The Royal Bank of Scotland Plc. Pada tahun 2011, ABN AMRO Bank N.V. KC Indonesia berubah nama menjadi The Royal Bank of Scotland N.V.

Menurut Irwan, selama berbisnis di Indonesia, KCBA RBS N.V., memiliki etika yang baik karena patuh terhadap ketentuan yang berlaku.

Namun, kondisi tersebut berbeda dengan bisnis grup RBS secara global yang masih merugi sehingga bisnis grup lebih difokuskan pada pasar domestik di Inggris.

Pada 26 Februari 2015, grup RBS mengumumkan penghentian bisnisnya di 25 negara, termasuk Kantor Cabang Indonesia.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time