HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pertamina Akhirnya Samakan Harga BBM di 9 Wilayah Terpencil Demi Keadilan

16

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – PT Pertamina (persero) kembali merealisasikan BBM Satu Harga di sembilan wilayah terpencil, sehingga menjadi sama dengan berbagai wilayah di Indonesia.

Sembilan wilayah tersebut yakni P. Batu, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara; Siberut Tengah, Kab. Kepulauan Mentawai, Propinsi Sumbar; Kep. Karimun Jawa, Kab, Jepara, Propinsi Jawa Tengah;

Selain itu juga di Pulau Raas, Kab. Sumenep, Jawa Timur; Tj Pengamus, Kab. Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat; Waingapu, Kab. Suba Timur, Propinsi Ntt; Wangi-Wangi, Kab. Wakatobi, Propinsi Sulawesi Tenggara; Moswaren, Kab. Sorong Selatan, Propinsi Papua Barat; Kec. Long Apari. Kab. Mahakam Hulu, Propinsi Kalimatan Timur.

Dengan demikian sejak akhir Februari 2017, warga di daerah tersebut bsia mendapatkan Premium seharga Rp 6.450/ liter dan Solar Rp 5.150/ liter. Sebelumnya warga di wilayah tersebut membeli Premium pada kisaran Rp 8000 – Rp 15.000 / liter, sementara Solar pada kisaran Rp 7.000 – Rp 18.000/liter.

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM soal Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) & Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Secara Nasional, ada 148 kabupaten yang ditetapkan sebagai lokasi pendistribusian BBM satu harga. Kebijakan itu diberlakukan bertahap, mulai 2017 hingga 2020.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menyatakan, Pertamina terus melakukan progress pemetaan di 148 kabupaten yang telah ditetapkan sebagai lokasi sasaran BBM Satu Harga.

“Hasil pemetaan dari 8 Marketing Operation Region kami, hingga 2 Maret 2017 sudah ada 53 lokasi yang kami tentukan untuk mendapatkan BBM Satu Harga, dimana 9 diantaranya sudah beroperasi,” ujar Wianda.

Wianda menabahkan proses pemetaan hingga terealisasinya BBM Satu Harga di suatu wilayah, memerlukan waktu karena setelah lokasi ditetapkan, Pertamina juga harus melakukan survey transportasi BBM, proaktif menggandeng investor lokal, pembangunan inftrastruktur hingga akhirnya APMS (Agen Premium Minyak dan Solar) di wilayah yang menjadi sasaran BBM Satu Harga beroperasi. [arah]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time