HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Suku Bunga Acuan FED Naik akan Mempengaruhi Suku Bunga Deposito Perbankan

9

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK)‎ telah memperkirakan Federal Reserve atau the Fed akan mengerek kembali suku bunga acuannya pada Maret tahun ini. Meski demikian, OJK tidak memungkiri kenaikan suku bunga the Fed akan memengaruhi suku bunga deposito perbankan.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Komisioner (DK) OJK Muliaman D Hadad, dalam sebuah acara bertajuk ‘Market Outlook 2017 Mandiri Investasi‘‎, di The Westin Jakarta Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 7 Maret 2017.

“Ya tentu saja ada pengaruhnya, seberapa besar pengaruhnya itu masih terus kita lihat. Di tengah-tengah situasi yang sebetulnya pada hari ini level likuiditas itu mengalami perbaikan. Jadi kita masih melihat mudah-mudahan dampaknya tidak akan signifikan,” kata Muliaman.

Menurut Muliaman, meski ada pengaruhnya bagi perbankan khususnya mengerek ke suku bunga deposito perbankan, namun OJK telah mengantisipasi kenaikan suku bunga the Fed sejak lama. Dengan demikian pengaruhnya tidak akan banyak berdampak bagi sektor keuangan.

“Kita sudah antisipasi, itu karena perkiraan banyak pihak juga mengatakan bahwa malah mungkin lebih cepat dari apa yang kita perkirakan. Saya kira ini penting untuk terus kita ikuti. Oleh karena itu saya melihat bahwa ini perlu dimonitor secara dekat,” jelas Muliaman.

Lebih lanjut, Muliaman mengaku optimistis kapasitas pembiayaan domestik tetap tampil gemilang di tahun ini, walaupun banyak faktor yang akan memengaruhi dan membayangi sepanjang 2017.

‎”Tentu saja saya katakan tadi begitu banyak perubahan sentimen yang muncul karena beberapa perkembangan di luar negeri. Tentu saja komitmen kita untuk terus membangun kapasitas pembiayaan domestik menjadi begitu penting,” tegas Muliaman.

Sebelumnya, Para pemimpin daerah di seluruh Amerika Serikat (AS) mengisyaratkan bahwa era uang mudah hampir berakhir. The Fed pun sudah lama terhenti untuk ‘lepas landas’ terhadap penetapan suku bunga. Mereka memandang sekarang ini sudah terdapat udara bagi pembuat kebijakan guna mengubah tingkat suku bunga tersebut.

“The Fed akhirnya bisa mendapatkan udara di tahun ini dan utamanya bagi pembuat kebijakan,” ungkap Ketua the Fed Janet Yellen.[]

loading...