HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Diduga Hendak Serang Raja Salman di Malaysia, 7 Orang Ditangkap

Sebelum melakukan kunjungan ke Indonesia, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz melakukan kunjungan ke Malaysia, Minggu (26/2/2017). Raja Salman akan menyambangi Malaysia selama empat hari. (Foto: AFP/Manan Vatsyayana)
21

HARIANACEH.co.id — Kepolisian Malaysia menangkap empat militan dari Yaman dan tiga tersangka lainnya yang berencana melancarkan serangan terhadap Raja Arab, Salman bin Abdulaziz al Saud. Raja Salman bertolak ke Kuala Lumpur pada 27 Februari 2017 lalu.

Lawatannya itu dalam rangka tur Asia bersama 25 pangerang Saudia. Raja berusia 81 tahun itu diketahui sempat memimpin koalisi militer terhadap pemberontak Houthi di Yaman selama dua tahun terakhir.

Salah satu sumber dari Reuters mengatakan, empat tersangka dari Yaman itu berasal dari Houthi. Namun, ada juga yang menyatakan bahwa tersangka itu berasal dari Negara Islam.

Sedangkan tiga tersangka lainnya belum diketahui pasti dari kelompok mana. Beberapa sumber menyatakan ketiga tersangka itu berasal dari Malaysia dan Indonesia.

Tujuh tersangka itu ditangkap pada 21 hingga 26 Februari. Kapolri Malaysia Khalid Abu Bakar mengatakan, kelompok itu berencana menyerang royalti Arab selama kunjungan di Kuala Lumpur/
“Kami punya torehan waktu mereka,” kata Abu Bakar seperti yang dilansir dalam BBC,  Jakarta, Selasa, 7 Maret 2017. Dari penangkapan itu, polisi menyita bebrapa paspor Internasional dari empat tersangka Yaman dan 270 ribu ringgit.

Abu Bakar menyampaikan, keempat tersangka itu juga pernah terlibat dalam distribusi obat ilegal. Sebelum ke Tanah Air, Raja Salman lebih dulu ke Kuala Lumpur. Dia datang bersama 600 delegasinya. Raja Salman hanya berada di Malaysia selam empat hari.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat