HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Parah! Dokter Satu Ini Ternyata Dokter Palsu

7

HARIANACEH.co.id – Seorang lelaki yang pindah ke Australia setelah mencuri identitas seorang dokter melarikan diri pada Kamis (9/3), setelah terbongkar sebagai praktisi medis “palsu”.

“Ini memperlihatkan kegagalan besar sistem,” kata Menteri Imigrasi Australia Peter Dutton kepada radio setempat.

Shyam Acharya mendaftarkan diri ke Medical Board of New South Wales pada 2003, setelah diduga mencuri identitas seorang dokter di India, Sarang Chitale.

Ia bisa memperoleh kewarganegaraan dan selama “masa tugasnya” di Australia ia bekerja di empat rumah sakit di New South Wales dan bahkan melakukan operasi pada pasien yang tidak curiga.

Pada 2013, Acharya bekerja untuk perusahaan farmasi internasional, AstraZeneca, sebelum pindah ke kelompok penelitian medis Novatech pada 2016.

Karena curiga mengenai kualifikasinya, perusahaan itu menyuarakan peringatan, dan memberitahu Australian Health Practitioner Regulation Agency dan the New South Wales Police.

Banyak orang di dunia industri terkejut mengenai bagaimana lelaki itu bisa berlenggang tanpa terdeteksi selama lebih dari 10 tahun.

Australiaqn Health Practitioner Regulation Agency yang beritakan Xinhua dan dikutip Antara bahwa proses pemeriksaan yang lebih ketat telah diterapkan sejak 2003 dan mestinya bisa memberi perlindungan agar peristiwa semacam itu tidak terjadi lagi.

“Rancangan peraturan nasional di Australia, National Registration and Accreditation Scheme, mulai berjalan pada 2010,” kata seorang juru bicara.

“Rancangan tersebut memiliki proses keras dan persyaratan bagi pengabsahan kualifikasi dan identitas pemohon bagi pendaftaran medis termasuk sejumlah pemeriksaan dan ketentuan baru,” katanya.

“Semua ini meliputi pengabsahan kualifikasi yang lebih keras melalui Educational Commission for Foreign Medical Graduates dan pemeriksaan sistematis mengenai sejarah kejahataninternasional serta pemeriksaan identitas yang lebih aktif,” ia menambahkan.

loading...