HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Presiden Palestina Diundang Donald Trump ke Gedung Putih

5

HARIANACEH.co.id, Yerusalem: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengundang Presiden Palestina Mahmoud Abbas ke Gedung Putih, kata juru bicara Abbas. Undangan itu dibuat usai kedua pemimpin negara bicara melalui sambungan telepon untuk pertama kalinya sejak Trump menjabat.

“Presiden Trump telah menyampaikan undangan resmi kepada Presiden Abbas untuk mengunjungi Gedung Putih sesegera mungkin untuk membahas kelanjutan proses politik, khususnya komitmen proses perdamaian nyata antara Palestina dan Israel,” kata Nabil Abu Rdainah, juru bicara Abbas dikutip dari Reuters, Sabtu 11 Maret 2012.

Sejak Trump menjabat, Palestina merasa Washington lebih menguntungkan Israel melalui Perdana Menterinya Benjamin Netanyahu.

Apalagi, Netanyahu dan Trump telah berbicara sebanyak dua kali melalui sambungan telepon sejak Trump menjabat. Netanyahu juga sudah mengunjungi Washington bulan lalu.

Para pejabat Palestina menyebut dalam pertemuan nanti Abbas akan menekankan keprihatinan tentang pembangunan pemukiman oleh Israel di wilayah pendudukan dan solusi konflik dua negara.

“Presiden Abbas menekankan komitmen untuk perdamaian sebagai pilihan strategis untuk mendirikan negara Palestina di samping negara Israel,” tambah Rdainah.

Pada konferensi pers 15 Februari 2017, saat kunjungan Netanyahu Trump memberikan komentar bertolak belakang dengan kebijakan AS di wilayah dua negara konflik selama dua dekade terakhir.

“Saya melihat dua negara dan satu negara dan saya suka kedua belah pihak seperti… Aku bisa hidup dengan salah satu,” kata Trump menyebabkan kekhawatiran di dunia Arab dan banyak Ibu Kota Eropa.

loading...