HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Skip Challenge Sangat Bahaya dan Bisa Bikin Kamu Kehilangan Nyawa

13

HARIANACEH.co.id – Media sosial kembali diramaikan dengan tren yang dilakukan oleh remaja. Dulu, ada yang namanya tren ice bucket challenge, flip bottle challenge, dan kini muncul tantangan permainan yang disebut Skip Challenge.

Di Amerika Serikat tantangan ini disebut Pass out Challenge. Cara melakukan tantangan ini yakni  dengan menekan dada sekeras-kerasnya selama beberapa detik yang menyebabkan pemain kekurangan oksigen, dan kemudian jatuh pingsan hilang kesadaran.

Mengutip Fox 59, menurut Dr Michael McKenna, selaku dokter kesehatan anak mengatakan, tantangan bisa mendatangkan petaka. Sebab, tekanan pada bagian dada dapat mengubah denyut jantung secara drastis.

“Mereka mencoba untuk memperlambat detak jantung dan saat itulah seseorang bisa pingsankarena detak jantung berhenti,” katanya.

“Kapan saja kamu bermain-main dengan pasokan oksigen ke otak, maka kamu ada dalam risiko ekstrem. Apakah itu risiko kematian atau kerusakan otak,” tambah Dr McKenna.

Dalam sebuah kasus di Amerika, seorang anak bernama Davorius Gray harus kehilangan nyawa gara-gara skip challenge. Ibunya melihat putranya tergelatak tak bernyawa di dalam rumah.

Sementara itu, sebuah studi CDC baru-baru ini menunjukkan bahwa hasil penelitian pada 82 kasus Skip Challenge berisiko pada kematian. Menurut penelitan, usia anak yang melakukan tantangan ini yakni enam sampai 19. Dan, sebesar 87 persen permainan ini dilakukan oleh anak laki-laki.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time