HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Enam Orang Tewas Dekat Hotel di Somalia Pasca Ledakan Bom Mobil

Konflik Somalia

10

HARIANACEH.co.id, MOGADISHU – Sebuah bom mobil bunuh diri diledakkan pengebomnya dekat sebuah hotel di ibu kota Somalia, Senin 13 Maret pagi. Akibatnya menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai empat orang lainnya, kata polisi.

Pengebom beraksi dekat Weheliye Hotel di jalan raya Maka Almukarramah yang ramai, kata Kapten Mohamed Hussein, seperti disitat Associated Press, Senin 13 Maret 2017.

Beberapa ambulans telah dikerahkan ke lokasi kejadian.

Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan, namun kelompok ekstrimis al-Shabab dikenal sering menjadikan hotel sebagai sasaran di Mogadishu. Serangan hotel di akhir Januari menewaskan sedikitnya 26 orang.

Meskipun tersingkir dari sebagian besar kubu utama di Somalia selatan dan tengah, kelompok ekstrimis terus melancarkan serangan gerilya mematikan di seluruh negeri. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka mulai menargetkan pos pemeriksaan dan pangkalan baik dari satuan militer Somalia maupun pasukan multinasional Uni Afrika.

Al-Shabab menjadi tantangan besar bagi Presiden baru Somalia Mohamed Abdullahi Mohamed, yang telah berjanji memprioritaskan keamanan dalam negara di kawasan Tanduk Afrika. Sementara pemerintahanan pusat yang rapuh berusaha memperluas kontrol di luar daerah utama selain ibu kota.

loading...