Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Kecepatan Internet Indonesia Naik 72% dan Kini Pepet Singapura

Banner Harian Aceh Indonesia. FOTO/HAI/Saifullah Hayati Nur
45

HARIANACEH.co.id – Indonesia menempati peringkat 80 dalam daftar peringkat negara berdasarkan kecepatan rata-rata internet untuk kuartal 4 2016. Peringkat 1 masih diduduki oleh Korea Selatan meski kecepatan rata-rata di negara tersebut menurun 0,7 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.
Kecepatan rata-rata internet di Indonesia mencapai 6,7 Mbps, meningkat 5,5 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya dan meningkat 72 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sebagai perbandingan, Korea Selatan memiliki kecepatan rata-rata internet sebesar 26,1 Mbps.
Indonesia masih kalah dengan Malaysia yang ada di peringkat 66 dengan kecepatan rata-rata 8,2 Mbps, Australia di posisi 51 dengan kecepatan rata-rata 12,9 Mbps dan Singapura yang ada di posisi 8 dengan kecepatan internet rata-rata 21,9 Mbps. Indonesia masih menang dari Tiongkok yang memiliki kecepatan rata-rata 6,3 Mbps, India (5,6 Mbps) dan Filipina (4,5 Mbps).
Kecepatan Internet
Sementara itu, berdasarkan laporan Akamai, pengadopsi broadband dengan kecepatan lebih dari 4Mbps di Indonesia hanya mencapai 71 persen, menempatkan Indonesia di posisi 76. Sebagai perbandingan, Malaysia ada di posisi 80 dengan tingkat adopsi 69 persen dan India di posisi 102 dengan tingkat adopsi 38 persen.
Namun, Vietnam dan Australia memiliki tingkat adopsi broadband 4 Mbps lebih tinggi dengan tingkat adopsi sebesar 82 persen dan 76 persen.
Sementara pengadopsi broadband dengan kecepatan di atas 10 Mbps di Indonesia hanya mencapai 14 persen, menempatkan Indonesia di posisi 72. Angka ini menunjukkan pertumbuhan 23 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya dan 736 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Kecepatan Internet
Jumlah pengadopsi broadband dengan kecepatan di atas 15 Mbps hanya mencapai 4,3 persen dengan pertumbuhan 38 persen dari kuartal sebelumnya dan 809 persen jika dibandingkan tahun lalu.
Kabar baiknya, kecepatan rata-rata internet mobile di Indonesia mencapai 9,8 Mbps, hanya kalah sedikit dari Singapura yang memiliki kecepatan rata-rata internet 9,9Mbps. Namun, angka ini masih kalah dari Jepang dengan kecepatan rata-rata 13,3 Mbps atau Korea Selatan yang mencapai 12,7 Mbps.
Kecepatan Internet

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya