HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bulan Ini BULOG Aceh Baru Serap 22 Ton Beras

12

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Selama bulan Maret 2017, Perum Badan Urusan Logistik (BULOG) Aceh sementara telah menyerap pengadaan beras mencapai 22 ton. Pengadaan beras itu bertujuan untuk cadangan gabah dari pemerintah.

“Karena musim panen yang baru dimulai pada pertengahan Maret 2017, perbandingan pengadaan belum terlihat peningkatan yang signifikan dengan tahun lalu,” kata Kepala BULOG, Fattah Yassin, Selasa (14/03/2017).

Pengadaan beras dipasar cenderung lebih tinggi dari pada Harga Pokok Pemerintah (HPP) yang biasa dijual sebesar Rp 3.700 per kilogram.

Untuk menghindari harga pengadaan beras dipasar yang tinggi dibandingkan dengan HPP itu, Bulog mulai tahun ini akan menerapkan pola pengadaan beras yang baru.

“Pola pengadaan beras yang baru ini lebih banyak menyerap gabah dengan berbagai kualitas yang ada dipasaran. Sehingga dengan diterapkan pola yang baru tersebut, Perum Bulog Divre Aceh optimis dapat menyerap beras mencapai target yang ditetapkan,” jelas Fattah.

Sementara target pengadaan untuk Divre Aceh pada tahun 2017 sebesar 38.000 ton setara dengan jenis beras medium dan 7.370 ton jenis beras komersial. Dengan semua total target tersebut, Bulog optimis bisa mencapai 45.370 ton di tahun 2017.

Kemudian, Fattah melanjutkan untuk beras di Aceh terbagi tiga penyaluran yaitu, penyaluran untuk beras Cukai Barang Penikmat (CBP), penyaluran beras untuk kementerian dan penyaluran beras sejahtera (Rastra).

“Penyaluran beras atau gabah disalurkan untuk beras cukai barang, kementerian, dan beras aejahtera sesuai dengan program baru dari pemerintah,” kata Fattah. []

loading...