HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jika Latihan AS-Korsel Dilanjutkan, Korut Ancam Adanya Serangan

3

HARIANACEH.co.id – Korea Utara (Korut) memperingatkan Amerika Serikat (AS) jika AS bergabung dengan Korea Selatan (Korsel) untuk latihan bersama yang dinilai akan melanggar kedaulatan Korut.

Pasalnya, AS baru saja mengerahkan kapal perang USS Carl Vinson untuk berlatih bersama dengan Angkatan Laut Korsel.

“Jika mereka melanggar kedaulatan Korut, tentara kami akan melancarkan serangan tanpa ampun di tanah, udara, laut dan bawah laut,” kata kantor berita Korut, KCNA.

Dilansir Asian Correspondent, Selasa 14 Maret 2017, Korut tampaknya khawatir dengan kedatangan AS untuk bergabung dengan Korsel dalam latihan bersama.

“Pekan lalu saja, banyak pesawat musuh yang terbang di dekat wilayah udara dan perairan Korut untuk latihan menjatuhkan bom dan menyerang tentara darat,” lanjut pernyataan itu.

Sementara, seorang sumber dari Angkatan Laut AS mengatakan, pergerakan dari kapal USS Carl Vinson adalah hal yang biasa di mana memang disiapkan untuk latihan bersama Korsel.

Selain itu, AS juga telah mengerahkan drone ‘Gray Eagle’ ke arah Korsel.

Latihan tahun lalu dilaporkan melibatkan sekitar 17 ribu tentara Amerika dan lebih dari 300 ribu warga Korsel. Korsel telah menyatakan, tahun ini latihan akan digelar dengan skala yang sama.

Duta Besar AS untuk PBB pun sempat mengatakan bahwa pemerintahan Donald Trump akan segera mengevaluasi kembali strategi untuk Korut.

Namun, Tiongkok sebagai sekutu Korut mengatakan bahwa AS dan Korsel tidak melakukan apa-apa untuk meredakan ketegangan. Tiongkok pun prihatin atas hal tersebut.

loading...