HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bajak Laut

Kapal Barang di Lepas Pantai Somalia Dibajak Perompak

Perompak kerap beroperasi di perairan Somalia (Foto: AFP)
40

HARIANACEH.co.id, MOGADISHU – Para pejabat Somalia mengklaim bahwa para perompak telah membajak sebuah kapal di lepas pantai negeri di Tanduk Afrika tersebut.

Seorang pejabat di negara semiotonomi Puntland berkata, insiden itu terjadi pada Senin 13 Maret. Pejabat itu menyebut, lebih dari dua lusin pria menaiki kapal dagang di lepas pantai utara Somalia.

Pejabat lain di Puntland mengatakan, kapal yang dibajak adalah kapal barang berbendera Sri Lanka dan sedang berarak menuju pantai. Kedua pejabat berkata secara anonim karena tidak berwenang untuk bicara kepada pers, seperti dilansir Associated Press, Selasa 14 Maret 2017.

Seorang juru bicara untuk operasi Angkatan Laut Uni Eropa di lepas pantai Somalia, Kapten Penerbang Louise Tagg, menegaskan bahwa insiden yang melibatkan sebuah kapal tanker minyak telah terjadi di lepas pantai Somalia dan penyelidikan sedang berlangsung.

Perompakan di lepas pantai Somalia pernah menjadi ancaman serius bagi industri pelayaran global. Tapi aksi telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir setelah kekuatan internasional berpatroli di dekat negara itu. Pemerintah pusat Somalia, yang dianggap lemah, mencoba untuk bangkit setelah konflik seperempat abad.

Di situs pasukan Uni Eropa saat ini tertera daftar bahwa tidak ada kapal atau sandera yang ditahan oleh perompak.

Sebuah laporan PBB yang dilihat oleh Associated Press pada November menyebutkan, sudah hampir tiga tahun sejak perompak Somalia berhasil membajak sebuah kapal komersial besar. Tetapi para lanun tetap mempertahankan kapasitas dan niat buat melanjutkan serangan dan akhir-akhir ini telah bergeser menargetkan kapal nelayan asing yang lebih kecil.

Diketahui, kekhawatiran tentang pembajakan di lepas pantai Afrika, sebagian besar telah bergeser ke Teluk Guyana.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat