HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Peniliti Malaysia Kunjungi Gampong Pande

9

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Prof Othman Yatim (67 tahun) penulis buku “Batu Aceh: Early Islamic Gravestone in Peninsulan Malaysia” berkunjung ke Gampong Pande guna melihat nisan-nisan kuno di Gampong Pande, Kota Banda Aceh, Minggu (12/3/2017).

Ketua Komunitas Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa), Mizuar mengatakan (Minggu, 12 Maret 2017-Red) Prof Othman Yatim turun langsung melihat seluruh nisan-nisan yang ada di sekitar Gampong Pande.

Di negaranya, beliau selalu memantau tentang kegiatan Mapesa di Gampong Pande. Nama-nama tokoh yang ditemukan pada nisan tersebut baginya mengandung sejarah yang sangat penting yakni sejarah Islam Aceh khususnya dan umumnya di Asia Tenggara.

“Beliau menggali informasi nisan-nisan yang ada di Gampong Pande dari kita. Beliau mempercayakan Mapesa untuk menggali situs sejarah ini. Kemudian, kita sudah meminta beliau untuk bersedia membina komunitas kita selaku senior,” sebut Mizuar.

Mizuar mengatakan Prof Othman adalah peneliti batu nisan sejaki tahun 80-an.  Beliau merupakan lulusan S3 dari Inggris.

“Hingga sekarang, siapapun yang mengkaji tentang arkeologi Aceh, khususnya batu nisan, selalu merujuk kepada buku beliau,” katanya. []

 

 

loading...