HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Perusahaan Mobil Tanpa Supir Berhasil Diakuisisi Intel Seharga Rp204,3 Triliun

Intel akuisisi perusahaan mobil tanpa supir Mobileye (Reuters)
17

HARIANACEH.co.id – Perusahaan teknologi pembuat chip terkenal asal Amerika Serikat, Intel Corporation, setuju membeli perusahaan pembuat mobil tanpa supir asal Israel, Mobileye, senilai 15,3 miliar dolar AS atau setara Rp204,3 triliun.

Langkah itu menunjukkan Intel tak mau ketinggal dalam urusan pengembangan teknologi mobiltanpa supir di masa depan, seperti dilansir Reuters, Selasa, (14/3).

Betsy Van Hees, seorang analis di Simpul Capital Markets, mengatakan Mobileye punya porto folio dalam pengembangan mobil tanpa supir.

Sejak tahun 1999, Mobileye telah mengembangkan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), yaitu sistem yang meliputi chip, sensor, dan perangkat lunak yang mampu mengenali dan menghindari benturan atau tabrakan dengan objek di sektar kendaraan.

Mobileye
Perusahaan Mobil Tanpa Supir, Mobileye. (Google Images)

Sementara, Intel belum menjadi pemain penting dalam pembangunan mobil tanpa supir. Meskipun Intel sudah berinvestasi di setengah lusin start up pembuat teknologi sistem sensor kendaraan tanpa supir.

“Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi kedua perusahaan tersebut untuk masuk ke pasar mobil tanpa supir. Teknologi yang dimiliki Mobileye sangat penting dan harganya juga sudah sesuai,” kata Betsy Van Hees.

CEO Intel Brian Krzanich mengatakan akuisisi ini adalah menggabungkan antara mata dari mobil tanpa supir dengan otak cerdas yang mengemudikan mobil.

“Kombinasi antara Intel dan Mobileye akan mempercepat terciptanya teknologi mobil tanpa supir. Tentunya dengan performa yang lebih hebat dan harga yang lebih murah,” tutup Krzanich.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat