HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tahukah Kamu Kenapa Kopi Indonesia Disebut Sebagai Kopi Terbaik Dunia?

10

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Indonesia dikenal memiliki varian kopi terbanyak dengan jumlah hampir 100 jenis varian kopi arabika yang diciptakan sejak 1699.

Beberapa jenis diantaranya yang terkenal adalah Sumatera Lintong, Sumatera Solok Minang, Java Preanger, Java Estate, Sulawesi Toraja, Papua Wamena, dan lain sebagainya.

Melihat potensi indonesia melalui kopi, Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin menginginkan kopi produksi Indonesia, yang diproduksi di berbagai daerah dari Aceh sampai Papua, menjadi kebanggaan identitas global dan masyarakat dunia.

Menurutnya, perlu difokuskan kepada kualitas produk unggulan kopi Nusantara agar dapat menjadi kebanggaan di dunia. pemerintah juga diharapkan dapat segera membuat kebijakanyang menguntungkan bagi para petani kopi, seperti regulasi yang dapat memudahkan mereka guna mengakses permodalan.

Kopi Indonesia yang sudah sangat terkemuka di berbagai belahan dunia, saat ini masih banyak diberdayakan nilai tambahnya oleh pihak asing.

“Branding kopi Indonesia di tingkat internasional sudah sangat terkenal,” kata barista atau pakar peracik kopi Petrus Matheos P, yang mengikuti eksibisi “Wonderful Indonesia” dalam ajang Travel Tour Expo (TTE) 2017 di Manila, Filipina, 11 Februari 2017.

Seperti yang dilansir Antara, Petrus telah beberapa kali mengikuti even mengikuti delegasi asal Indonesia sebagai barista di sejumlah pameran ekspo internasional, seperti di Vietnam dan Finlandia.

Bahkan, di Finlandia dia menemukan produk kopi yang menjadi pihak distributornya adalah perusahaan dari Swedia, padahal bisa saja biji kopi tersebut berasal dari Indonesia.

Untuk itu, sangat disayangkan bila pihak yang mendapatkan nilai tambah adalah dari luar, tetapi bukannya dari Indonesia yang dikenal sebagai salah satu negara penghasil bijih kopi di tingkat global.

Menariknya Pada tahun 2016, lembaga Specialty Coffee Association of America menetapkan Indonesia sebagai 2016 Official Portrait Country dalam pameran SCAA 2016 yang berlangsung di Atlanta, Georgia, AS, 14-17 April 2016.

Penetapan tersebut, tentu menjadi nilai plus untuk meningkatkan branding di tingkat internasional sebagai penghasil kopi terbaik dunia.

loading...