HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Badai Salju Melanda, Kondisi Amerika Serikat Perlahan Kini Normal Kembali

3

HARIANACEH.co.id, WASHINGTONG – Jasa transportasi di timur laut Amerika Serikat (AS) perlahan-lahan mulai berlanjut setelah setengah juta wisatawan terganggu oleh badai yang menimbunkan salju di sekitar Washington sampai New England.

Badai akhir musim dingin menyebabkan pembatalan hampir 9.000 penerbangan, pekan ini. Lebih dari 6.000 penumpang yang tertunda berangkat, pada Selasa 14 Maret, akibat badai. Perusahaan analisis FlightAware mengatakan, lebih dari 900 penerbangan telah dibatalkan, Rabu 15 Maret, tapi penerbangan akan kembali beroperasi normal, Kamis 16 Maret.

Badai melintasi timur laut dan mulai mereda, Selasa sore, meninggalkan beberapa daerah tertimbun beberapa inci salju dan puluhan ribu orang hidup tanpa listrik.

Kebanyakan pemadaman listrik terkonsentrasi di Massachusetts, tetapi juga dilaporkan di New Jersey, Rhode Island, Maine, dan negara bagian New York. Gangguan terbesar memukul Worcester, Massachusetts, di mana para pejabat mengatakan lebih dari 20.000 orang terkena dampak.

Jutaan penduduk tetap tersekap di bawah badai musim dingin atau peringatan badai salju, Selasa, menurut Badan Cuaca Nasional (NWS). Pejabat mengumumkan keadaan darurat di Connecticut, New York, New Jersey, Pennsylvania, dan Virginia.

Amtrak, pada Selasa, mengumumkan jadwal dimodifikasi demi menangani efek setelah badai sampai Rabu, yang meliputi kembalinya layanan New York City, baik antara Boston maupun Washington, DC. Layanan transit di New York dan New Jersey mengumumkan jadwal dimodifikasi serupa.

Sejumlah sekolah di jalur badai juga diharapkan kembali beroperasi pada Rabu.

Pada Selasa, sebuah kota kecil di Connecticut telah mengumpulkan 13 inci salju; Newark, Delaware, dilaporkan 4 inci, salju di dusun Endwell di New York mencapai 23 inci; dan Agawam, Massachusetts, diukur 10 inci. Hampir satu kaki salju menerpa Binghamton, N.Y., dalam empat jam dan lebih dari 4 inci turun di Central Park.

Gubernur Connecticut Dannel Malloy mengeluarkan larangan perjalanan di seluruh negara bagian yang dimulai pada pukul 05:00 Selasa dan memerintahkan semua staf pegawai negeri untuk libur.

DPR AS di Washington membatalkan pemungutan suara untuk Selasa dan dijadwalkan rapat lagi, Rabu malam.

Pejabat transportasi di Virginia melaporkan jalanan licin — dan bahkan sejumlah banjir dilaporkan di New Jersey.

Gubernur Chris Christie mengatakan NJ Transit telah menghentikan semua layanan bus karena badai. Para pejabat di New Jersey juga menutup berbagai kantor pemerintah bagi semua staf karyawan, Selasa.

“Selama ini kondisi yang mengancam, saya mendesak semua warga New Jersey jangan keluar ke jalan sehingga unit tanggap bencana dan petugas keselamatan publik dengan aman dan efisien dapat menangani situasi darurat,” kata Christie, seperti dikutip UPI, Rabu 15 Maret 2017.

Pelbagai kota sekarang akan memobilisasi sejumlah besar salju setelah badai. New York City mengatakan biaya pembersihan diantisipasi melampaui USD35 juta.

loading...