HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Laut China Selatan

Di Laut China Selatan, Tiongkok Mulai Lakukan Lagi Pembangunan

Laut China Selatan yang diperebutkan enam negara Asia. (Foto: AFP)
25

HARIANACEH.co.id – Tiongkok dilaporkan telah memulai pembangunan konstruksi di Laut China Selatan. Pembangunan ini tertangkap kamera satelit yang terbang di atas sejumlah pulau sengketa di perairan ini.

Gambar terbaru diambil pada 6 Maret lalu diyakini sebagai pembangunan dari Tiongkok. Bahkan, ada laporan bahwa Tiongkok sedang membangun jaringan terumbu dan pulau.

DIlansir Reuters, Rabu 15 Maret 2017, gambar-gambar tersebut juga menunjukkan pembukaan lahan dan persiapan untuk membangun pelabuhan sebagai instalasi militer di mana persiapannya rusak tahun lalu karena topan.

Penyelidikan satelit ini dilakukan oleh perusahaan sateit swasta bernama Planet Labs. Satelit ini juga menangkap gambar ada pekerjaan Tiongkok di dekat Pulau Pohon dan juga Paracel yang diklaim oleh Vietnam serta Taiwan.

Tiongkok dinilai sedang mengejar upaya untuk mendominasi kekuatan maritimnya melalui ‘jalan belakang’.

“Paracel akan menjadi proyek penting Tiongkok dalam mendominasi Laut China Selatan,” kata seorang pakar Laut China Selatan asal Australia, Carl Thayer.

“Kita bisa lihat mereka berkomitmen untuk militerisasi, apa pun retorikanya. Tiongkok sudah mulai melakukannya sedikit demi sedikit,” lanjutnya lagi.

Selain dua pulau tersebut, Tiongkok lebih dulu telah mengadakan pembangunan di Kepulauan Spratly dan Pulau Woody.

Sementara, Pulau Utara adalah bagian dari busur terumbu yang diharapkan menjadi pelindung pulau Woody. Mau tak mau, Pulau Utara pun menjadi sasaran pembangunan Tiongkok.

Dikonfirmasi ke Tiongkok, Kementerian Pertahanan Tiongkok menegaskan tak ada hubungannya dengan Pulau Utara dan Tiongkok tidak melakukan pembangunan di sana.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat