HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Menjaga Kesehatan Tubuh

Ini Dia Tips Sederhana Supaya Kamu Tak Gampang Sakit saat Musim Hujan

Pada umumnya, orang mudah sakit pada musim hujan (Foto: Aliexpress.com)
32

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Pada umumnya, orang mudah sakit pada musim hujan. Flu, batuk, pilek, meriang, merupakan beberapa penyakit yang biasanya menyerang. Mungkin penyakit tersebut terdengar ringan, namun tetap tidak boleh disepelekan.

Tubuh yang tidak fit akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan menggangu konsentrasi sehingga Anda tidak optimal dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mencegah terserang penyakit saat musim hujan? Minum suplemen dan obat? Sebenarnya, ada beberapa cara lebih alami yang dapat Anda tempuh. Cara alami tanpa obat akan lebih aman bagi tubuh karena minim efek samping.

1. Olahraga teratur

Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran saat musim hujan. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat memberikan pengaruh yang baik pada sistem imun tubuh.

Profesor David Nieman dari Appalachian State University di Amerika Serikat melaporkan bahwa peserta penelitian yang melakukan jalan cepat beberapa kali seminggu, dapat mencegah dari penyakit hingga 40 persen.

“Latihan aerobik secara teratur, lima kali atau lebih dalam seminggu selama 20 menit sehari, dapat mengurangi risiko terkena penyakit selama musim hujan,” kata David Nieman.

2. Rajin mencuci tangan

Mayo Clinic di Amerika Serikat menyebutkan bahwa sering mencuci tangan menggunakan sabun adalah salah satu cara terbaik menghindari serangan penyakit, dan mencegah bakteri, virus, serta mikroba lain masuk ke dalam tubuh.

Mencuci tangan menjadi hal yang penting selama musim hujan. Sebab hawa dinginnya dapat memicu seseorang bersin dan batuk. Basahi tangan dan beri sabun pencuci tangan, kemudian bilas sampai bersih di bawah air yang mengalir.

3. Cukup tidur

Tidur yang baik dan sehat adalah selama 7 jam sehari. Kurang tidur dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menurun, sehingga Anda lebih rentan terserang pilek. Sebuah studi di Brasil menemukan, kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan fungsi sel darah putih yang membantu melawan infeksi dalam tubuh.

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, ciptakan suasana rileks di kamar tidur. Minum segelas susu hangat atau berendam air hangat sebelum tidur, dapat membuat Anda lebih cepat terlelap. Hindari menonton televisi, menggunakan komputer dan gadget  sebelum tidur karena akan membuat Anda sulit tidur. Dianjurkan meredupkan lampu kamar satu jam sebelum Anda benar-benar mematikan lampu saat akan beranjak tidur. Cara ini membantu meningkatkan pelepasan melatonin di otak.

4. Bersosialisasi

Jika Anda lebih senang bersosialisasi melalui media sosial, sebaiknya log out sejenak. Sosialisasi tatap muka dengan orang lain lebih bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Membuat tubuh tetap aktif dan mengurangi stres. Anda bisa mengundang beberapa teman untuk makan malam bersama, nobar pertandingan sepakbola, mengunjungi museum dan galeri seni lokal, atau sekadar berjalan-jalan di taman.

5. Mengonsumsi sayur dan buah

Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sumber vitamin C banyak terdapat pada buah dan sayur seperti lemon, kiwi, brokoli, pomegranate, jeruk,jambu, apel,mangga, sirsak  dan lainnya.

Ahli Gizi Zoe Bingley-Pullin menganjurkan untuk membuat jus yang terdiri dari dua pertiga sayuran dan sepertiga buah. Anda bisa mengombinasikannya dari campuran wortel, bit, bayam, dan lemon yang akan membantu meredakan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Bila Anda tak punya banyak waktu membuat jus, Anda dapat minum jus dalam kemasan, Original Love Juice. Diproduksi dari buah-buahan segar pilihan dengan kualitas yang baik, Original Love Juice memiliki cita rasa produk berkualitas tinggi dan jus lebih kental.

Original Love Juice hadir dengan dalam beberapa varian rasa buah yang tentu saja mengandung vitamin C, serat,  dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu pomegranate (delima),  guava (jambu), orange (jeruk), apple (apel), soursup (sirsak), dan mango (mangga).

Original Love Juice diproses dengan teknologi UHT  (Ultra High Temperature, yaitu proses pemanasan suhu tinggi dalam waktu singkat), sehingga menjadikan nutrisi alami dan kesegaran buah tetap terjaga meskipun tanpa bahan pengawet.

Mulai sekarang, biasakan mengonsumsi Original Love Juice setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Dapatkan kebaikan manfaat buah setiap hari hanya dalam Original Love Juice. Love Your Health.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat