HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kesehatan Gigi dan Mulut

Ini Penyebab dan Cara Bagaimana Mengatasi Mulut Kering

23

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Mulut yang kering sangat membuat Anda tidak nyaman melakukan hal-hal dasar seperti bernapas, berbicara dan menelan. Padahal, ini merupakan hal yang penting dilakukan setiap saat.

Kabar baiknya adalah banyak penyebab mulut kering yang dapat diobati dengan mudah. Tapi terkadang, kurangnya air liur adalah gejala dari masalah kesehatan yang lebih besar dan perlu ditangani.

Menurut Natasha Bhuyan, dokter keluarga di One Medical Phoenix, Arizona, salah satu alasan terbesar mulut kering adalah air liur memecah bakteri dalam mulut Anda.

“Air liur adalah garis pertama pertahanan dalam menjaga mulut Anda tetap sehat. Air liur juga memainkan peran dalam pencernaan, mulai dari memecah makanan sebelum ia meninggalkan mulut Anda,” ujarnya.

Berikut adalah penyebab paling umum dari mulut kering dan bagaimana cara memperbaikinya.

1. Penyakit autoimun

autoimmune
Apabila mulut kering dan Anda tak bisa mengatasinya dengan minum air, bisa jadi itu pertanda adanya masalah medis. Penjelasan medis yang paling umum terjadi adalah sindrom Sjogren, penyakit autoimun dimana tubuh menyerang kelenjar yang membuat air mata dan air liur. Dua gejala yang paling umum adalah mata dan mulut kering.

Sjogren seringkali menyertai gangguan autoimun lainnya seperti lupus dan rheumatoid arthritis. Dokter akan mungkin menyarankan Anda mengunyah permen karet bebas gula, menghisap pelega tenggorokan atau obat untuk meningkatkan produksi air liur.

loading...