HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Tanda-Tanda Bahwa Pekerjaan Anda Membahayakan Kesehatan

Mulai dari masalah komunikasi hingga ketidakcocokan dengan atasan, merupakan stres di tempat kerja yang tak dapat dihindari. (Foto: Redonline.co.uk)
24

HARIANACEH.co.id – Mulai dari masalah komunikasi hingga ketidakcocokan dengan atasan, merupakan stres di tempat kerja yang tak dapat dihindari. Tak hanya stres, masalah kesehatan juga bisa muncul akibat pekerjaan yang Anda lakukan setiap hari.

Namun, mengetahui bagaimana membuat suatu hal sedikit lebih mudah bisa jadi langkah awal yang dapat membuat Anda bahagia, juga sehat.

Berikut ini adalah beberapa tanda yang tanpa Anda sadari dilakukan setiap hari saat kerja dan dapat memengaruhi kesehatan Anda.

1. Anda terus bekerja lembur

Sangat jarang menemukan pekerjaan yang memungkinkan Anda untuk pulang tepat waktu setiap hari. Sebagian besar dari Anda harus bekerja lembur atau masuk lebih awal untuk menyelesaikan pekerjaan. Sejumlah penelitian telah menyoroti risiko kesehatan pada karyawan yang bekerja lembur.

Bekerja lebih lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, depresi dan bahkan kecanduan alkohol. Ada juga bukti yang menunjukkan hal tersebut benar-benar dapat mengurangi produktivitas dan berdampak pada kinerja kognitif yang menurun.

Penelitian ini menempatkan acuan pada pola jam kerja 55 jam seminggu, atau 11 jam sehari dalam lima minggu.

2. Jarang berdiri atau duduk lama

Duduk terlalu lama dikaitkan dengan risiko lebih tinggi penyakit jantung, diabetes, obesitas, kanker dan depresi serta masalah otot. Penyebab umum dari postur tubuh yang buruk karena perabot kantor seperti kursi yang tidak sesuai dengan postur tubuh Anda.

Duduk dengan lutut di bawah tingkat panggul mendorong panggul miring ke depan. Hal ini mendorong tulang belakang untuk memanjang. Bahu dan otot-otot yang menguasainya dapat bersantai di posisi ini sehingga mampu mengurangi kelelahan, ketegangan mata, leher atau sakit kepala.

3. Terlalu lama berdiri

Sama dengan terlalu lama duduk, berdiri yang terlalu lama dapat menjadi masalah untuk kesehatan Anda. Ini dapat menyebabkan varises, sirkulasi yang buruk, bengkak di kaki, kerusakan sendi, jantung dan masalah peredaran darah. Nyeri tumit juga bisa disebabkan oleh pekerjaan yang terlalu banyak berdiri.

4. Perjalanan yang panjang

Ini merupakan hal yang paling umum dan tidak dapat dihindari khususnya bagi karyawan di kota besar dengan lalu lintas yang padat. Perjalanan yang lama setiap hari dapat berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan. Stres dan kecemasan, merupakan akibat paling umum dari perjalanan menuju tempat kerja yang lama.

Sedangkan, naik bus atau kendaraan selama lebih dari 30 menit setiap hari lebih dikaitkan dengan tingkat terendah dari kepuasan hidup dan kebahagiaan.

5. Kurang tidur karena pekerjaan

Pekerjaan dapat berdampak besar pada waktu tidur Anda. Tidur yang ideal adalah 7-8 jam setiap hari. Tetapi, tingkat pekerjaan yang tinggi menyebabkan stres sehingga mengganggu pola tidur dan mendatangkan bahaya untuk kesehatan mental juga fisik.

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas, jantung, infeksi bahkan kanker. Selain itu, Anda juga bisa menjadi lebih impulsif, pelupa dan lebih rawan mengalami kecelakaan. Stres juga dapat mengganggu sistem pencernaan Anda, menyebabkan iritabilitas dan memiliki efek domino pada aspek lain kehidupan Anda.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat