HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pertamina Hari Ini Naikkan Harga Pertamax

Ilustrasi Pertamax. (MI/PANCA SYURKANI)
33

HARIANACEH.co.id – PT Pertamina (Persero) kembali mengubah harga Bahan Bakar Khusus (BBK) pada hari ini. Adapun harga pertamax mengalami kenaikan Rp100 per liter dari semula Rp8.050 per liter menjadi Rp8.150 per liter.

Seperti dikutip dari MTVN pada pagi, Rabu 15 Maret 2017, di Jalan Kemanggisan Utama SPBU Pertamina 34-11403, perubahan harga bahan bakar khusus tersebut sudah mulai berlaku hari ini. Perubahan harga BBK tersebut memang rutin dilakukan setiap dua bulan sekali.

Pertamax mengalami kenaikan harga Rp100 per liter dari semula Rp8.050 per liter ‎menjadi Rp8.150 per liter. Sementara untuk BBK lainnya seperti pertamina dex dan pertamina turbo tidak mengalami kenaikan sejak 2 Maret 2017 lalu yaitu Rp8.400 per liter dan Rp9.050 per liter.

Di sisi lain, Pertamina berencana menambah perluasan distribusi pertamax turbo di 200 SPBU pada 2017. Hal itu akan dilakukan seiring dengan tingginya antusias konsumen yang memakai bahan bakar dengan nilai oktan 98 tersebut.

“Area penyaluran pertamax turbo sudah seluruh Jawa tetapi masih ada beberapa wilayah kosong, itu yang kami isi. Tahun ini mungkin akan tambah 200 SPBU,” kata Commercial Retail Fuel Marketing Manager Pertamina Yanuar Budi Hartanto.

Yanuar mengatakan saat ini area penjualan pertamax turbo mencapai 625 SPBU dari sekitar 5.400 SPBU yang dimiliki Pertamina. Lokasi distribusi bahan bakar pengganti pertamax plus ini tersebar di sejumlah wilayah, seperti Sumatera Utara, Sumatera Selatan, mayoritas Pulau Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

Ia mengatakan sementara ini distribusi belum menyentuh timur Indonesia mengingat penjualan pertamax turbo bergantung dari tingginya kebutuhan di daerah tertentu. Sejak resmi diluncurkan pada Agustus 2016, konsumen antusias menggunakan pertamax turbo daripada pertamax plus yang hanya memiliki Research Octane Number (RON) 95.

“Konsumsinya cukup banyak dan ada peningkatan dari produk sebelumnya. Cukup banyak bisa dua kali lipat,” kata Yanuar, seraya menambahkan bahwa ada konsumen baru yang berpindah menggunakan pertamax turbo untuk konsumsi bahan bakar.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat