HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Studi: 48 Juta Akun Twitter Ternyata Adalah Bot

8

HARIANACEH.co.id – Laporan terbaru yang dirilis oleh University of Southern California dan Indiana University menunjukan bahwa hingga 48 juta dari total 319 juta akun Twitter merupakan bot dan tidak dioperasikan langsung oleh manusia.

Angka tersebut merepresentasikan 15 persen dari total pengguna yang terdaftar di Twitter. Jumlah pengguna bot ini meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan laporan yang diumumkan Twitter pada 2014 lalu. Ketika itu, akun bot diestimasi mencapai sekitar 5 hingga 8,5 persen.

Menurut Phone Arena, permasalahan akun bot ini menjadi berita utama selama masa pemilihan presiden Amerika Serikat tahun lalu. University of Southern California kala itu melaporkan bahwa 19 persen dari kicauan terkait pemilu berasal dari akun yang dioperasikan oleh bot.

Informasi statistik ini dinilai menakutkan saat dikombinasikan dengan fakta bahwa sekitar 24 persen masyarakat pada usia dewasa di Amerika Serikat menggunakan Twitter dan sebesar 86 persen pengguna Twitter global dilaporkan mencari informasi melalui platform ini.

Belanja online dan mobile bertumbuh pesat setiap tahunnya. Twitter menjadi medium utama untuk usaha kecil dan menengah (UKM), dengan 66 persen dari pengguna Twitter menemukan UKM melalui platform ini.

Permasalahan soal bot ini juga dinilai berdampak langsung pada keputusan yang diambil oleh masyarakat. Karena itu, masyarakat disarankan untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan politik berdasarkan informasi yang didapatkan dari media sosial.

Sebelumnya, Twitter mengumumkan pengujian sistem keamanan anti-kekerasan baru, sebagai upaya Twitter untuk menjadikan jejaring sosialnya sebagai platform aman dan nyaman untuk penggunanya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time