HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pembunuhan Kim Jong-nam

Sikapi Kasus Kim Jong-nam, Malaysia Kejar Tersangka Lain

Kepala Kepolisian Malaysia Khalid Abu Bakar (tengah) menjawab pertanyaan awak media di Putrajaya, 16 Maret 2017. (Foto: AFP/MANAN VATSYAYANA)
53

HARIANACEH.co.id, KUALA LUMPUR – Malaysia mengejar beberapa tersangka potensial lainnya, termasuk satu individu “penting,” terkait kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, di Kuala Lumpur sebulan lalu.

Kim Jong-nam tewas terkena racun syaraf VX di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2) pada 13 Februari 2017.

Korea Selatan menyalahkan Korut atas kematian Kim Jong-nam. Namun Pyongyang membantahnya dan menuduh Malaysia hanya mencoba memperburuk citra rezim Kim Jong-un. Korut menyebut Kim Jong-nam tewas akibat serangan jantung.

“Ada lebih banyak orang yang terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam. Kami akan menggunakan saluran legal untuk menangkap mereka,” ucap kepala polisi Khalid Abu Bakar kepada awak media, seperti dilansir AFP, Minggu 19 Maret 2017.

Ia menegaskan tim investigasi sedang berusaha menahan setidaknya satu individu “penting” tanpa menjelaskan lebih lanjut, apakah orang itu warga Korut atau bukan.

Infografik Pembunuhan Kim Jong-Nam
Infografik Pembunuhan Kim Jong-Nam. (MTVN)

Pembunuhan Kim Jong-nam membuat Malaysia dengan Korut bersitegang. Kedua negara saling mengusir dubes dan melarang warga untuk bepergian ke luar negeri.

Dua wanita — Siti Aisyah dari Indonesia dan Doan Thi Huong dari Vietnam — telah didakwa pasal pembunuhan dalam kasus Kim Jong-nam. Keduanya sempat mengaku sedang berada dalam acara reality show saat memaparkan cairan ke wajah Kim Jong-nam.

Tim investigasi Malaysia sedang mencari tujuh tersangka asal Korut, empat di antaranya yang meninggalkan Negeri Jiran pada hari pembunuhan. Interpol telah mengeluarkan surat penangkapan internasional terhadap keempat pria itu.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat