HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tembok Setinggi 9 Meter Sedang Dibangun Trump di Perbatasan Meksiko

7

HARIANACEH.co.id, WASHINGTON – Pemerintahan Donald Trump ingin membangun dinding setinggi sembilan meter yang kokoh di wilayah perbatasan utara Amerika Serikat (AS).

Menurut dua dokumen yang diunggah di sebuah situs pemerintah, disebutkan detail rencana Presiden Donald Trump untuk membangun “tembok besar yang indah” di perbatasan AS dan Meksiko.

Kedua dokumen itu dirilis pada Jumat 17 Maret malam oleh Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP), lembaga Kementerian Keamanan Dalam Negeri yang akan mengawasi proyek, dan nantinya termasuk berpatroli dan menjaga dinding. Proposal tersebut akan digarap pemerintah mulai 29 Maret 2017.

Salah satu kontrak CBP menyebut tentang dinding beton yang kokoh, dan satunya lagi mengenai tembok tembus pandang. Kedua tipe dinding membutuhkan pondasi setidaknya 1,8 meter ke dalam tanah dan termasuk 7-15 meter gerbang otomatis bagi pejalan kaki dan kendaraan.

Dinding yang diusulkan juga harus dibangun sekokoh mungkin, sehingga akan butuh setidaknya satu jam buat membobolnya dengan “palu, dongkrak mobil, kapak, pahat, alat potong berbaterai, las Oxy/acetylene atau perkakas genggam lain yang serupa.”

Dilansir Associated Press, Minggu 19 Maret 2017, pemerintah akan mengumumkan pemenang lelang berdasarkan pada contoh dinding selebar sembilan meter yang akan dibangun di San Diego.

Langkah terbaru ini menjadi rencana pemerintahan Trump membangun tembok perbatasan. Bulan lalu, CBP mengumumkan sayembara “konsep karya” untuk prototipe rancang-bangun sampai 10 Maret.

Dibayar Meksiko?

Trump telah sesumbar dalam beberapa hari terakhir bahwa tembok itu bisa lebih cepat dibangun dari jadwal awal.

Pemerintah belum mengatakan di mana dinding akan dibangun. Pagar perbatasan saat ini berkonstruksi campuran, di antara tiang baja 7 meter yang tersusun secara terpisah sejauh beberapa inci yang dirancang demi menghambat orang-orang, dengan tiang-tiang lebih pendek untuk menahan mencegat mobil. Agen-agen Patroli Perbatasan terus memperbaiki celah dalam struktur ini.

Trump telah lama berjanji bahwa Meksiko akan membayar pembangunan tembok, yang dinilainya diperlukan demi menghentikan aliran imigran melintasi perbatasan secara ilegal.

Pekan ini, presiden mengirimkan proposal anggaran kepada Kongres meliputi USD2,6 triliun uang muka pembangunan. Total biaya untuk proyek ini belum jelas, tapi Government Accountability Office memperkirakan akan menelan biaya US USD6,5 juta setiap 1,6 meter untuk pagar penghalang pejalan kaki, dan USD1,8 juta untuk penghalang kendaraan.

Kongres Partai Republik mengatakan, dinding Trump akan berbiaya antara USD12 miliar hingga USD15 miliar.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time