HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wisatawan Lepas 40 Ekor Tukik di Pantai Lampuuk

Wisatawan domestik dan mancanegara melepas tukik jenis Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea) di Pantai Lampuuk, Aceh Besar, Aceh, Sabtu (18/3). Pelepasan puluhan anak penyu jenis Lekang ke habitatnya tersebut untuk melestarikan penyu sekaligus untuk mengedukasi masyarakat tentang konservasi penyu. ANTARA FOTO/Irwansyah
27

HARIANACEH.co.id, ACEH BESAR –  Wisatawan pengunjung Pantai Kuala Cut Lampuuk, Aceh Besar melakukan pelepasan puluhan tukik pada hari Sabtu, 18 Maret 2017. Kegiatan ini diselenggarakan oleh pemuda-pemuda peduli lingkungan dari sejumlah komunitas.

Fahri Joely sebagai koordinator mengatakan kegiatan pelepasan tukik tersebut sudah dilakukan beberapa kali sebelumnya, namun secara tertutup karena ditakutkan tukik tidak selamat akibat terinjak. Namun kali ini diselenggarakan secara terbuka bagi seluruh masyarakat.

“Alhamdulillah hari ini berhasil melepaskan 40 ekor tukik dan selamat semua walaupun ramai pengunjung. Inilah hasil penakaran tukik yang kita beli dari para pemburu di sekitaran Lhoknga. Tukik-tukik yang dilepas ini berusia 6 hari setelah menetas”.

Foto: Ratu

“Respon dari masyarakat luar biasa, karena mereka belum pernah menghadiri kegiatan ini sebelumnya. Karena ini acara weekend, jadi lebih kekeluargaan. Pada kegiatan ini kita sengaja mengutamakan anak-anak untuk melepas tukik langsung sebagai edukasi terhadap anak untuk mencintai lingkungan sejak kecil,” jelas Fahri.

Fahri menceritakan jika kehidupan penyu di Aceh sangat miris, karena telurnya masih banyak di jual. Kita berharap pihak terkait tidak membeli lagi penyu. Jika tidak ada lagi yang membeli, pedagang itupun akan berhenti menjual penyu.

“Harapan kami semoga tukik-tukik yang dilepaskan hari ini selamat semua dan masyarakat lebih sadar untuk menjaga lingkungan,” tutupnya. []

 

 

Editor: Eko Densa

 

Komentar
Sedang Loading...
Memuat