HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Teroris di Bandara Paris Ternyata Mabuk dan Gunakan Narkoba

8

HARIANACEH.co.id – Pria yang ditembak mati di bandara Orly di Paris setelah mencoba merebut senjata api seorang prajurit berada di bawah pengaruh alkohol dan narkotika, ungkap seorang sumber yudisial di Prancis, Minggu 19 Maret 2017.

Tim investigasi masih menelusuri motif apa yang membuat pelaku bernama Ziyed Ben Belgacem berani bertindak nekat di bandara kedua tersibuk di Prancis.

“Tes toksikologi menunjukkan level alkohol sebesar 0,93 gram di darahnya, dan juga ada jejak ganja dan kokain,” ucap sumber tersebut, seperti dikutip AFP.

Ayah dari Ben Belgacem bersikukuh anaknya “bukan seorang teroris” karena aksinya murni didorong pengaruh minuman keras dan narkoba.

Ben Belgacem, yang lahir di Paris dari orangtua berdarah Tunisia, mencoba merebut senjata api seorang prajurit di bandara Orly pada Sabtu pagi. Tiga rekan prajurit itu bereaksi dan menembak pelaku.

Serangan di bandara Orly terjadi saat Prancis masih berada dalam status siaga tinggi setelah terjadinya serangkaian aksi teror sejak dua tahun lalu, termasuk yang menewaskan 130 orang pada November 2014.

Kekerasan dan keamanan akan menjadi topik utama dalam pemilihan umum presiden Prancis yang akan digelar pada 23 April dan 7 Mei.

Tidak Masuk dalam Daftar Pengawasan Teror

Kakak dan sepupu Belgacem, sama seperti ayah pelaku, dilepaskan usai diinterogasi. Mereka bertiga berinisiatif mendatangi polisi usai kejadian.

Belgacem dikenal sebagai pria yang keluar masuk penjara atas berbagai kejahatan ringan. Ia disebut-sebut menjadi radikal setelah mendekam di penjara selama beberapa tahun dalam kasus narkoba.

Dia telah menjalani wajib lapor ke polisi atas pembebasan bersyarat dalam kasus pencurian. Belgacem dicegah pemerintah untuk meninggalkan Prancis.

Beberapa jam sebelum ditembak mati, Belgacem menembak seorang polisi dengan senapan angin di Paris dan melarikan diri.

Ia kemudian memasuki sebuah bar di Vitry-sur-Seine dan menembakkan senapan anginnya tanpa mengenai siapapun. Belgacem juga mencuri sebuah mobil sebelum akhirnya muncul di bandara Orly.

loading...