HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wakil Ketua KPK: “Jika Ditemukan Ada KPK Abal-abal, Segera Lapor Polisi!”

Kasus Korupsi KTP-el

12

HARIANACEH.co.id, SLEMAN – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Laode M Syarif meminta masyarakat melaporkan ke aparat kepolisian jika mendapati pihak lain yang mengatasnamakan KPK. Menurut Laode, ada sejumlah pihak diduga menyalahgunakan nama KPK.

“Ada yang pakai nama Komisi Pengawas Korupsi, singkatannya KPK. Mereka menggunakan lambang (KPK),” ujar Laode di University Club Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Senin, 20 Maret 2017.

Meski menggunakan singkatan KPK, kata Laode, mereka bukanlah KPK memiliki kepanjangan Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurutnya, pihak yang menggunakan nama KPK ada di sejumlah daerah, seperti Bogor, Aceh, Sumatera, hingga Kendari.

“Pihak yang menggunakan nama KPK itu merugikan orang. Ada yang sampai ratusan juta rupiah,” jelasnya.

Loade menjelaskan nama KPK biasanya digunakan untuk menipu dengan sejumlah modus. Misalnya, adanya dugaan penggunaan dana desa yang tidak sesuai sistem pelaporan. Kemudian, ungkapnya, pihak yang menggunakan nama KPK itu meminta uang.

Selain itu, nama seseorang yang berkasus dan disebut di media bisa saja dijalakan medium untuk penipuan. “Mereka juga bikin kantor dengan lambang KPK. Saya dan penyidik saja tidak pakai lambang-lambang. Jika menemukan laporkan polisi terdekat,” katanya.[mtvn]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time