HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

9 Polisi Irak Termasuk Satu Kolonel Ditangkap ISIS

Konflik Irak

9

HARIANACEH.co.id, BAGHDAD – Kelompok militan Islamic State (ISIS) menangkap seorang kolonel polisi dan delapan aparat lainnya yang kehabisan amunisi dalam pertempuran di Mosul Barat, Irak, Senin 20 Maret 2017.

Kabar disampaikan pejabat Kementerian Dalam Negeri Irak, yang menyebutkan insiden terjadi sekitar pukul 03.00 dini hari saat pasukan pemerintah bergerak menuju Kota Tua Mosul.

Pejabat itu mengatakan kepada Reuters bahwa sembilan polisi itu ditangkap saat bertempur di distrik Bab Jadid.

Sementara itu, pasukan Irak masih terus bergerak menuju Kota Tua Mosul untuk mengusir ISIS. Seiring berlangsungnya pertempuran sengit, lebih dari 100 ribu warga Mosul barat melarikan diri ke tempat aman.

Saat pertempuran mulai beralih ke gang-gang sempit dan wilayah padat penduduk, semakin banyak warga yang melarikan diri karena kurangnya bahan makanan dan air bersih. Mereka juga melarikan diri karena rumah-rumah di sekitar area pertempuran berisiko terkena mortir.

Sekitar 600 ribu warga sipil diperkirakan masih terperangkap di Mosul barat.

Sebanyak 255 ribu orang terusir dari Mosul dan area sekitarnya akibat pertempuran sejak Oktober tahun lalu, termasuk 100 ribu dari bagian barat sejak 19 Februari.

Pekan lalu, 32 ribu warga terusir dari Mosul antara 12 dan 15 Maret.

Amerika Serrikat (AS) mengestimasi sekitar 2.000 militan ISIS masih berada di Mosul barat. AS khawatir meski pun nantinya Mosul benar-benar dibebaskan, masih ada risiko militan ISIS yang akan kembali dan melancarkan serangan dengan cara bergerilya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time