HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Unik! Sungai Gangga Akhirnya Ditetapkan oleh Pengadilan India sebagai Makhluk Hidup

1

HARIANACEH.co.id – Sebuah pengadilan di India utara menetapkan Sungai Gangga dan Yamuna dengan status “entitas makhluk hidup.”

Pengadilan tinggi di negara bagian Uttarakhand mengatakan penetapan status dapat membantu “preservasi dan konservasi” dari dua sungai yang tercemar tersebut.

Karena Gangga dan Yamuna kini memiliki “status legal,” siapapun yang mencemari kedua sungai itu akan dianggap seperti melukai makhluk hidup.

Kedua sungai dianggap suci di India. Masyarakat mayoritas Hindu di India menganggap Gangga dan Yamuna sebagai entitas dewi.

Penetapan status muncul sepekan setelah Sungai Whanganui di Selandia Baru menjadi yang pertama mendapatkan status legal “makhluk hidup.” Pengadilan mengatakan mayoritas Hindu memiliki “keyakinan mendalam dan hubungan erat” dengan kedua sungai.

“Sungai-sungai itu berperan sentral dalam eksistensi hampir separuh total populasi di India. Kedua sungai menghadirkan ketenangan fisik dan spiritual kepada kita semua,” ucap pernyataan pengadilan, seperti dilansir BBC, Selasa 21 Maret 2017.

Status legal diperlukan karena Sungai Gangga dan Yamuna sudah tercemar akibat industrialisasi dan gelombang urbanisasi. Dua pejabat negara telah ditetapkan sebagai “penjaga legal” atas kedua sungai dan siap merepresentasikan hak-haknya sebagai “makhluk hidup.”

Sejumlah aktivis menilai penetapan status akan mempercepat usaha membersihkan Gangga dan Yamuna.

loading...