HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

April Mendatang, Korea Utara akan Gelar Sidang Parlemen

9

HARIANACEH.co.id, PYONGYANG – Korea Utara akan menggelar sidang parlemen bulan mendatang, di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan akibat serangkaian uji coba misil dan mesin roket.

Badan legislatif Korut hanya menggelar sidang satu atau dua kali dalam setahun. Biasanya sidang berlangsung sehari penuh dalam membahas anggaran negara atau keputusan lain yang dirasa penting bagi partai penguasa.

Sidang parlemen terakhir Korut digelar pada Juni 2016. Ketika itu, Kim Jong-un dipilih sebagai kepala negara absolut yang menguasai segala aspek dari kebijakan negara.

“Sesi kelima sidang parlemen Majelis Rakyat Agung ke 13 akan digelar di Pyongyang pada 11 April,” lapor kantor berita nasional Korut, KCNA, Rabu 22 Maret 2017.

Seperti sebelumnya, KCNA tidak memberikan detail lain soal sidang parlemen, termasuk agenda apa yang akan dibahas. Sidang parlemen Korut akan diawasi sejumlah pengawas untuk segala perubahan terhadap kebijakan ekonomi atau perombakan kabinet.

Korut melakukan uji coba nuklir dan peluncuran misil balistik tahun lalu. Belum lama ini, Pyongyang menembakkan empat roket yang diklaimnya sebagai latihan untuk menggempur pangkalan militer Amerika Serikat di Jepang.

Akhir pekan kemarin, Kim Jong-un mengamati langsung uji coba mesin roket terbaru. Sejumlah pengamat menilai mesin itu dapat dimodifikasi untuk meluncurkan misil.

loading...