HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gerak Rupiah Diproyeksikan Bakal Berbalik Arah ke Zona Hijau

20

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Gerak mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diproyeksikan kembali mengalami penguatan atau akan berbaris di zona hijau. Hal itu akan dibantu oleh terapresiasinya nilai mata uang euro dan poundsterling terhadap USD.

“Kami perkirakan sentimen tersebut masih dapat menyertai pergerakan nilai tukar rupiah, sehingga peluang penguatan masih dapat terjadi,” ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu 22 Maret 2017.

Nilai mata uang euro yang menguat terhadap USD terjadi karena sentimen debat Presiden Perancis. Dalam hal ini, pelaku pasar melihat calon Presiden yang merupakan mantan Menteri Ekonomi Macron berpeluang memenangi Pilpres.

Dari sisi lain, lanjut Reza, pergerakan euro terbantukan pergerakan GBP yang mengalami penguatan seiring dengan rilis data-data Inggris yang cukup positif. “Di mana posisi inflasi dan retail price index mulai naik yang diasumsikan daya beli masyarakatnya mulai meningkat,” jelas Reza.

Pergerakan USD yang cenderung melemah, masih kata Reza, memberikan kesempatan bagi gerak rupiah untuk kembali menguat. “Rupiah diperkirakan akan bergerak di kisaran support Rp13.334 per USD, sedangkan posisi resisten berada di level Rp13.278 per USD,” terang Reza.

Sekedar informasi, mata uang rupiah mengalami pelemahan hingga penutupan perdagangan sore di Selasa 21 Maret 2017. Pelemahan rupiah terjadi ketika maraknya sentimen atas sikap S&P untuk menaikkan peringkat rating Indonesia. Rupiah melemah sebanyak lima poin atau 0,03 persen ke posisi Rp13.319 per USD.(mtvn)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat