HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kalimantan Barat Saat Ini Jadi Pasar Narkoba Jaringan Internasional

9

HARIANACEH.co.id – Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), menjadi sasaran pasar narkoba jaringan internasional. Sebab, daerah itu berbatasan dengan negara tetangga.

“Saya mencatat negara Malaysia adalah salah satu pemasok terbesar ke Indonesia, khususnya ke Kalbar,” kata Deputi Badan Narkotika Nasional Irjen Arman Depari di Pontianak, Rabu 22 Maret 2017.

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan Kalbar dan Indonesia umumnya menjadi sasaran pasar narkoba. Antara lain karena kurang pedulinya seluruh komponen masyarakat Indonesia atau pengawasan yang lemah.

“Hal ini juga bisa karena ketidakpedulian negara tetangga, sehingga komitmen negara-negara ASEAN bebas dari narkoba ini tidak dipatuhi. Mungkin juga memang karena petugas atau otoritas yang menangani kasus narkoba kurang kompetensinya,” ujar Arman.

Beberapa hari lalu, tim gabungan menggagalkan upaya penyeludupan 11 kilogram sabu dan menangkap tersangka, satu di antaranya tewas ditembak. Sabu itu dikirim dari negara tetangga.

Arman mengatakan, penegak hukum berulang kali mengungkap upaya penyelundupan narkoba dari negara tetangga. Sejak Januari hingga Maret 2017, Polda dan BNNP Kalbar sudah menyita sebanyak 32 kilogram sabu.

“Sedangkan kami dari BNN pusat sudah bolak-balik Kalbar. Bulan lalu kami berhasil mengamankan 20 kilogram sabu. Tidak sampai 30 hari, sudah diamankan lagi sebanyak 11 kilogram sabu,” katanya.

Menurut dia, sabu 11 kilogram tersebut dibawa pelaku dari Malaysia, disimpan di dinding mobil lalu masuk ke PLBN Entikong. Sesampainya di Entikong, Kabupaten Sanggau, sabu yang dikemas dalam 11 paket itu di pindahkan ke tas dan dibawa ke Kota Pontianak mengunakan sepeda motor.

“Kami dalam menangani kasus narkoba akan bertindak keras dan tegas. Kami dilengkapi senjata api, maka semaksimal mungkin senjata ini kami gunakan untuk melumpuhkan, menghentikan, dan bila perlu melenyapkan para penjahat narkoba,” tegas Arman. (Antara)

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time