HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kurs Uang Rupiah Diprediksi Bergerak Stabil Hari Ini

11

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih stabil tetapi penguatannya mulai terhalangi harga minyak mentah yang tak kunjung naik. Di sisi lain, sebagian kurs di Asia juga mulai mengalami pelemahan terhadap USD di perdagangan Selasa.

Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, nilai tukar rupiah mulai bergerak stabil namun sayangnya prospek minyak buruk. Sentimen positif masih menyelimuti Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Surat Utang Negara (SUN) masih didorong harapan kenaikan peringkat utang dari S&P.

“Tetapi semakin lemahnya dolar index serta penguatan UST bisa kembali mendorong penguatan rupiah walaupun sentimen negatif dari pelemahan S&P 500 bisa picu koreksi IHSG,” kata Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu 22 Maret 2017.

Sementara itu, kredibilitas Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terpuruk dan USD semakin terkoreksi. Dolar index terpuruk bersamaan dengan anjloknya S&P 500 serta turunnya imbal hasil US Treasury. Di tengah koreksi peluang the Fed yang agresif menaikkan FFR target maka kredibilitas Trump semakin terpuruk.

Sedangkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Healthcare yang terancam ditolak memberikan tanda bahwa janji reformasi pajak dan belanja infrastruktur juga bisa menemui kendala. Hal itu bisa menekan prospek pertumbuhan AS sehingga menambah tekanan terhadap ekspektasi inflasi begitupun peluang kenaikan FFR target lanjutan.

loading...