HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pemko Banda Aceh Luncurkan Akta Kelahiran Online

13

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Pemerintah Kota Banda Aceh meluncurkan inovasi baru yakni membuat aplikasi Akta Kelahiran Online. Program tersebut resmi di launching oleh Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE, Rabu (22/3/2017) di Aula Lantai IV, Gedung A, Balaikota Banda Aceh.

Selain aplikasi Akta Kelahiran Online, Illiza juga meluncurkan program Pencatatan Kelahiran Berbasis Gampong.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Syahrullah mengatakan dalam sambutannya bahwa inovasi Akta Kelahiran Online ini dibuat untuk mempermudah Warga Kota Banda Aceh dalam melakukan registrasi pencatatan sipil.

“Dulunya kami sempat membuat inovasi seperti antrean online, dan sekarang kita maju sedikit dalam hal inovasi pelayanan online pencatatan sipil. Sebelumnya kita menggunakan sistem kurir dan sistem jemput, tapi sesuai SOP dalam dua hari terselesaikan dengan sistem ini,” jelasnya.

“Oleh karenanya, kami memohon kepada semua stakeholder, baik yang menyangkut dengan data kependudukan atau akta kelahiran ini mohon juga kepada pak keuchik semoga nantinya di gampong permasalahan ini terselesaikan,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan bahwa Disdukcapil Kota Banda Aceh telah memberikan pelayanan terbaik sehingga menjadi sebuah capaian terbaik di Indonesia.

“Yang pertama saya ingin memberikan apresiasi kepada Disdukcapil Kota Banda Aceh, seluruh tim dan seluruh jajaran yang sudah bekerja luar biasa, sehingga Disdukcapil Kota Banda Aceh termasuk yang memberikan pelayanan terbaik di Indonesia,” ujar Illiza.

Ia juga menambahkan bahwa telah mendapatkan penghargaan atas pencapaian yang dilakukan Disdukcapil dalam melakukan pelayanan terbaik di Kota Banda Aceh.

“Beberapa waktu lalu kita telah menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), jadi ini sebuah capaian yang luar biasa yang telah dicapai oleh Disdukcapil Kota Banda Aceh. Hari ini dengan dukungan UNICEF dan PKPM serta dibantu juga oleh Restorative Justice (RJ), kita launching bagaimana memberikan pelayanan secara online kepada masyarakat Kota Banda Aceh,” ujarnya.

Peluncuran aplikasi ini turut disaksikan Wakil Walikota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin, Kepala UNICEF Aceh Andi Yoga Tama, Direktur PKPM Aceh Drs Muslim Zainuddin MSi, Para Camat, Para Keuchik dan sejumlah Kepala SKPD jajaran Pemko Banda Aceh. []

 

Editor: Eko Densa

loading...