HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump Dipastikan Hadir di KTT NATO

26

HARIANACEH.co.id, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dipastikan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (KTT NATO) di Brussels, Belgia, Mei mendatang.

Berdasarkan pernyataan dari Gedung Putih, seperti dikutip CNN, Selasa 21 Maret 2017, “presiden akan bertemu para kepala negara untuk menegaskan komitmen kuat kami terhadap NATO, serta mendiskusikan berbagai isu penting mengenai berbagi tanggung jawab dan peran NATO dalam melawan terorisme.”

Sebelum ke Brussels, Trump akan terlebih dahulu menjamu Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Gedung Putih bulan depan.

“Mereka akan membicarakan cara memperkuat aliansi dalam menghadapi beragam tantangan keamanan nasional dan internasional,” ungkap Gedung Putih.

Pertemuan dengan Stoltenberg pada April juga dirancang untuk mempersiapkan KTT NATO pada 25 Mei.

Pengumuman kehadiran Trump muncul setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson memutuskan tidak hadir dalam pertemuan tingkat Menlu NATO.

Tillerson akan menjamu Presiden Tiongkok Xi Jinping bulan ini, sebelum nantinya pergi ke Rusia pada April.

Trump sempat memicu kekhawatiran di kalangan anggota NATO karena menyebut aliansi tersebut sebagai “organisasi usang.”

Di hari-hari awal menjabat, Tillerson mencoba meredakan kekhawatiran dengan menegaskan bahwa AS masih tetap berkomitmen terhadap NATO.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat