HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sistem Operasi Android O Ingin Jadikan Baterai Ponsel Lebih Tahan Lama

Google rilis preview dari Android O. (Android)
23

HARIANACEH.co.id – Google merilis preview Android O hari ini. Saat ini, pengguna biasa belum dapat mengunduhnya, sementara para pengembang sudah dapat mencobanya. Google belum menyebutkan kudapan apa yang akan mereka gunakan sebagai nama dari versi terbaru OS mobile ini.

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, Google belum menjelaskan secara detail fitur baru apa saja yang akan mereka tanamkan dalam Android O. Satu hal yang pasti, mereka berusaha untuk menyelesaikan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh pengguna smartphone: ketahanan baterai.

Dengan Android O, Google meneruskan usaha mereka untuk mengatur apa saja yang bisa aplikasi lakukan saat ia berjalan di background atau tidak aktif digunakan. Hal ini dapat memastikan baterai ponsel Anda bertahan lebih lama.

Android VP of Engineering, Dave Burke berkata, “Kami telah menambahkan batas otomatis terkait apa saja yang bisa aplikasi lakukan di background, yang terbagi menjadi 3 hal: broadcast implisit, layanan background dan update lokasi.”

Terbuka kemungkinan, pembatasan yang Google lakukan dapat mengacaukan aplikasi yang ada saat ini. Namun, karena itulah, Google menyediakan preview Android O terlebih dulu pada para developer, sehingga mereka bisa memeriksa apakah pembaruan pada O akan mengacaukan cara kerja aplikasi mereka.

Selain usaha Google untuk membuat baterai bertahan lebih lama, mereka juga mengubah sistem notifikasi pada ponsel. Dalam O, perubahan terbesar adalah pengguna akan dapat “mengelompokkan” notifikasi mereka ke dalam beberapa kategori yang disebut “channel”.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat