HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Warga Lombok Berhamburan ke Luar Rumah Saat Diguncang Gempa Bumi

10

HARIANACEH.co.id, LOMBOK BARAT – Warga di Gerung, Kabupaten Lombok Barat, berlari berhamburan ke luar rumah. Mereka panik saat gempa bumi 6,4 skala ricter mengguncang Bali dan NTB.

“Kita dan keluarga terkejut, karena getaran gempa cukup besar, karenanya lari ke luar rumah,” kata Hasan, salah seorang warga Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Rabu 22 Maret 2017.

Belum ada laporan kerusakan akibat gempa. Saat ini warga sudah beraktivitas kembali.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Mataram, NTB. Gempa bumi tektonik yang mengguncang Bali dan NTB terjadi pukul 06.10 Wib atau pukul 07.10 Wita.

Kekuatan 6.4 SR, episenter terletak pada koordinat 8.88 LS dan 115.24 BT, pada kedalaman 117 km. Dampak gempa bumi berupa guncangan lemah hingga sedang dirasakan di daerah
Kuta-Bali, Gianyar, Denpasar, Mataram, dan Sumbawa bagian Barat dalam skala intensitas II SIG BMKG atau III-V MMI.

“Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh hampir semua orang,” kata Kepala BPBD NTB Muhammad Rum.

Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi, hasil interaksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

Hingga laporan ini disusun pada pukul 07,26 Wita belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Untuk itu, sambung Rum, warga diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Selatan Timur Bali hingga Barat Lombok diimbau tidak terpancing dengan isu tsunami. Sebab gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

loading...