HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dua Operator AS Ini Lakukan Penarikan Iklan dari Google

12

HARIANACEH.co.id – Dua operator asal Amerika Serikat, AT&T dan Verizon, kini juga menarik iklan mereka dari YouTube dan jutaan situs yang menjadi rekan Google.

Alasan mereka adalah karena adanya potensi iklan mereka tampil di video atau konten lain yang mengandung ucapan kebencian (hate speech), yang didasarkan pada ras atau gender seseorang, atau dalam konten yang mendukung terorisme.

Sama seperti Facebook, Google kini dipaksa untuk mengendalikan ujaran kebencian yang ada di platform-nya dan memperbaiki citranya, lapor The Verge.

“Kami khawatir iklan kami mungkin akan ditampilkan di konten YouTube yang mempromosikan kebencian dan terorisme. Sampai Google meyakinkan hal ini tidak akan terjadi lagi, kami akan menarik iklan kami dari platform non-pencarian,” ujar juru bicara AT&T pada Recode.

Keputusan AT&T itu diikuti oleh Verizon. “Ketika kami tahu bahwa iklan kami tampil di situs yang belum kami setujui, kami dengan cepat menarik tipe iklan ini dan melakukan penyelidikan,” ujar juru bicara Verizon.

Apa yang dilakukan oleh 2 operator AS ini sama seperti yang dilakukan oleh pemerintah Inggris dan beberapa perusahaan asal Inggris yang mulai menarik iklan mereka dari YouTube minggu lalu. Penarikan iklan dari YouTube ini terjadi setelah The Times of London melakukan investigasi dan menemukan bahwa iklan perusahaan tersebut muncul dalam konten ektremis.

Investigasi itu mendorong ratusan merek — termasuk McDonald’s, Audi dan Toyota — menarik iklan mereka dari Google. Kemarin, Google mengumukan bahwa mereka akan membuat tool baru untuk para pengiklan untuk memastikan bahwa iklan mereka tampil di video yang sesuai.

loading...