HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Presiden Prancis Akan Bahas Pertahanan Ketika Temui Jokowi di Jakarta

13

HARIANACEH.co.id – Kerja sama pertahanan dan perlawanan terhadap terorisme menjadi salah satu bahasan dalam kunjungan Presiden Prancis, Francois Hollande ke Jakarta.

Hollande direncanakan akan datang ke Jakarta dan bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo pada 29 Maret 2017. Pesawat Hollande dijadwalkan mendarat di Jakarta pada 28 Maret, malam hari.

“Pertahanan dan counter terrorism itu satu koridor. Dari dulu sudah ada kerja sama dengan Prancis. Indonesia dan Prancis memang punya pengalaman di terorisme,” kata Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri RI, Dino R. Kusnadi, di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis 23 Maret 2017.

Hollande akan didampingi oleh Menteri Pertahanan Prancis dan Menteri Muda Digital dan Inovasi, anggota parlemen serta sekitar 40 pengusaha di beberapa bidang seperti infrastruktur, energi dan ekonomi kreatif.

Kedua menteri ini akan menandatangani sejumlah Memorandum of Understanding (MoU) di sejumlah bidang seperti pembangunan, ristek dikti, kelautan, perikanan dan pariwisata.

Dua tema utama yang dibahas dalam pertemuan dua pemimpin negara ini membahas tentang kerja sama maritim dan ekonomi kreatif.

“Dua tema ini termasuk dalam strategic partnership kita dan prioritas dari pemerintah kita saat ini. Akan dua hasil dari pertemuan ini, yaitu joint declaration on maritime and creative economy,” tutur Dino.

Dikatakan, dua bidang tersebut menjadi bidang yang menonjol seperti investasi pengembangan digital dan sinematografi. “Kemampuan sinematografi Prancis itu luar biasa dan jadi kiblat Indonesia supaya Indonesia bisa masuk ke panggung dunia,” ungkapnya.

Hollande juga direncanakan akan hadir dalam peluncuran kerja sama ekonomi kreatif serta akan menghadiri dialog kemaritiman antara Indonesia dan Prancis. Hollande juga akan mengunjungi Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk melihat kerja sama dua negara yang sudah berjalan selama ini.

Kunjungan Hollande ini merupakan kunjungan yang cukup historis. Pasalnya, kunjungan terakhir presiden Prancis ke Ibu Kota sekitar 30 tahun yang lalu.

loading...