HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Serangan London Terus Diselidiki Pihak Polisi Anti-Teror Inggris

9

HARIANACEH.co.id – Polisi anti-teror Inggris akan terus menyelidiki bagaimana seorang penyerang bersenjata menebar kematian dan kehancuran ke jalanan London.

Lima orang — termasuk penyerang, seorang polisi dan tiga warga — tewas dan 40 lainnya terluka setelah serangan mobil dan belati di ibu kota Inggris, pada Rabu 22 Maret sore waktu setempat.

Penyerang, yang telah diidentifikasi tetapi namanya dirahasiakan, bersenjata dua bilah pisau besar dan menyabet para pejalan kaki di Jembatan Westminster sebelum bergegas ke gerbang gedung Parlemen Inggris, Westminster Hall.

Penyerang, yang dikatakan polisi “terinspirasi terorisme internasional”, menikam polisi 48 tahun, Keith Palmer, sebelum ditembak mati oleh petugas lainnya.

Beberapa korban menderita “cedera parah”. Dalam sebuah pernyataan, Rabu malam, kepala satuan anti-teror Scotland Yard Mark Rowley mengatakan kepada wartawan: “Kami menghormati kawan (Keith Palmer).”

“Investigasi ini sedang berlangsung, jadi untuk memberi rincian lebih lanjut tentang dia, mitra atau investigasi kami, rasanya tidak pantas”, tambahnya, seperti dikutip ITV, Kamis 23 Maret 2017.

Perdana Menteri Theresa May, yang berada di Parlemen pada saat serangan itu, memuji keberanian polisi yang tewas ditikam saat ia melindungi korban lain.

Dalam pernyataan yang disampaikan di luar Downing Street, Rabu malam, May katakan setiap upaya untuk mengalahkan nilai-nilai yang diperjuangkan Parlemen akan gagal.

Setelah mengadakan pertemuan darurat komite keamanan, COBRA, dia berkata kepada media bahwa Parlemen akan bertemu kembali, pada Kamis pagi — meletakkan penekanan agar situasi kembali normal secepat mungkin.

Namun serangan teror telah menunda kunjungan Ratu ke markas baru Scotland Yard. Beliau dijadwalkan meresmikan gedung baru, pada Kamis, tetapi pembukaan ditunda terkait serangan itu, kata seorang juru bicara Istana Buckingham.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time