HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hampir 250 Orang Imigran Gelap Dikhawatirkan Tenggelam di Mediterania

Imigran melambaikan tangan meminta bantuan kepada grup Proactiva di Laut Mediterania, 4 Oktober 2016. (AFP/ARIS MESSINIS)
29

HARIANACEH.co.id, TRIPOLI – Sekitar 250 imigran dikhawatirkan tewas tenggelam di Laut Mediterania, Kamis 23 Maret 2017, setelah sebuah kapal penyelamat menemukan lima jasad dekat dua perahu karet di lepas pantai Libya.

Agensi Pengungsian Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) mengaku “sangat khawatir setelah Golfo Azzuro, sebuah kapal yang dioperasikan organisasi Proactiva Open Arms, melaporkan penemuan sejumlah jenazah di dekat dua perahu karet, sekitar 15 mil dari pantai Libya.

“Kami tidak punya penjelasan lain selain dua perahu itu pernah terisi penuh orang-orang,” ujar juru bicara Proactiva Laura Lanuza kepada AFP.

“Kelihatannya sudah jelas mereka semua tenggelam,” lanjut dia.

Lanuza mengatakan perahu karet yang ditemukannya biasa digunakan penyelundup manusia untuk mengangkut 120 hingga 140 imigran sekali jalan.

“Dalam setahun terakhir kami selalu melihat perahu karet seperti ini yang dipenuhi orang-orang,” kata Lanuza.

Ia menyebut jasad yang ditemukannya adalah pria Afrika, dengan rentang usia antara 16 dan 25. Mereka tenggelam 24 jam sebelum ditemukan, di perairan arah utara pelabuhan Sabrata, Libya.

Vincent Cochetel, kepala UNHCR biro Eropa, mengatakan bahwa kapal-kapal relawan telah meminta bantuan terhadap satu kapal lainnya di Mediterania pada Kamis. Proactiva khawatir jumlah imigran yang tewas akan terus bertambah.

Meski cuaca relatif buruk di tengah laut, gelombang imigran dari Libya terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Sebagian besar dari mereka bertolak menuju Eropa untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat