HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Islamic State Klaim Dalang di Balik Teror London

7

HARIANACEH.co.id – Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengaku ada di balik penyerangan yang menewaskan lima orang dan melukai lebih dari 40 lainnya di Jembatan Westminster, London, Inggris.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan kantor berita Amaq, ISIS menyebut mereka telah melakukan kekejaman di depan Gedung Parlemen.

Dilansir Independent, Jumat 24 Maret 2017, ISIS juga mengklaim bahwa pelaku serangan tersebut memang mendapat perintah dari ISIS untuk menyerang warga sipil dan pasukan keamanan yang bersekutu dengan pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Sementara, kepolisian London sudah membeberkan identitas pelaku sebagai  Khalid Masood, pria kelahiran Kent, Inggris.

Namun, pada penyelidikan polisi, tak ditemukan unsur terorisme dalam data Masood. Walaupun, Masood tak asing lagi dalam data polisi Inggris karena kerap melakukan tindak kriminal.

ISIS memang sering mengklaim bertanggung jawab atas sebuah serangan teror. Namun, belum tentu benar bahwa ISIS yang berada di balik teror Westminster ini.

Saat ini, detektif beserta pihak kepolisian sedang menyelidiki motif serangan tersebut. Selain itu, delapan orang pun sudah berada di tangan polisi untuk diselidiki lebih lanjut berkaitan dengan insiden ini.

Wali Kota London, Sadiq Khan, mengatakan bahwa aksi teror tak akan bisa memecah belah warga Inggris. “Kami tidak akan membiarkan teroris ini untuk memecah belah warga Inggris,” tegasnya.

“Teroris ingin menyerang London karena mereka membenci fakta bahwa kami negara yang toleransi dengan agama apapun, menghormati dan merangkul siapa pun dan dari mana pun,” lanjutnya lagi.

Usai teror itu berakhir, pada Kamis 23 Maret, ribuan warga London memadati Trafalgar Square untuk berbela sungkawa bagi para korban tewas dalam serangan teror di Ibu Kota Inggris sehari sebelumnya.

Jajaran anggota parlemen dan anggota Kepolisian Metropolitan berada di antara mereka yang memegang nyala lilin demi menghormati para korban.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time