HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Markas ISIS di Aleppo Dikepung Tentara Suriah

10

HARIANACEH.co.id, ALEPPO – Pasukan pemerintah Suriah mengepung benteng terakhir Islamic State (ISIS) di provinsi utara Aleppo, yang terjadi beberapa pekan setelah meluncurkan serangan demi merebut seluruh provinsi. Demikian dilaporkan media pemerintah dan kelompok monitoring oposisi, Kamis 23 Maret 2017.

Tekanan terhadap Deir Hafer, kota di utara 50 km dari Aleppo, dilakukan saat pesawat Amerika Serikat (AS) mengangkut para pejuang Kurdi Suriah dan sekutunya di garis belakang ISIS. Mereka hendak mempelopori serangan darat besar-besaran ke lokasi strategis yang diduduki ISIS, kota Tabqa di provinsi Raqqa, yang berbatasan Aleppo.

Bala angkutan udara itu telah menandai keterlibatan mendalam AS dalam konflik Suriah melalui pertempuran merebut ibu kota de facto kelompok ekstremis, kota Raqqa.

Juru bicara Pentagon Eric Pahon menyebutnya sebagai serangan besar untuk mengamankan daerah sekitar Tabqa dan terhubung Dam Tabqa.

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) mengatakan bahwa para pejuang bersama beberapa penasihat militer mendarat pada Selasa 21 Maret malam di dekat Tabqa dengan peralatan dan kendaraan mereka.

“Ini sudah menjadi sebuah pangkalan militer demi melancarkan operasi kami di tepi barat sungai, sampai akhirnya membebaskan semua pedesaan Raqqa,” kata pernyataan itu, seperti dikutip Al Arabiya, Jumat 24 Maret 2017.

Tabqa terletak 45 kilometer barat dari Raqqa. ISIS mengontrol kota serta Dam Tabqa di Sungai Efrat, yang memasok listrik ke daerah itu dan lapangan udara militer di dekatnya.

Pernyataan SDF mengatakan, tujuan operasi ini demi merebut kota, bendungan, dan pembangkit listrik. Mereka minta semua warga sipil agar menjauh dari posisi ISIS dan menyerukan para pemuda untuk bergabung dengan pasukan anti-ISIS.

Pusat Media Militer Suriah mengatakan, pasukan Suriah melancarkan pengepungan Deir Hafer, Rabu, setelah merebut daerah-daerah di dekatnya.

Pemantau yang berbasis di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) mengatakan, pasukan Suriah saat ini telah memotong jalan yang menghubungkan Deir Hafer dengan provinsi Raqqa.

loading...