HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pesawat Militer Amerika Mendarat di Aceh, Kenapa ya?

26

HARIANACEH.co.id, ACEH BESAR – Sebuah pesawat militer Amerika Serikat (AS) mendarat darurat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat (24/3/2017) sekitar pukul 13.20 WIB, setelah mengalami kerusakan pada mesin pesawat.

Kronologisnya, pesawat jenis Boeing 707 milik United States Air Force sedang menuju ke Bandara Haneda Jepang dari Pulau Diego Garcia, Inggris, dan tiba-tiba mengalami masalah dengan mesin pesawat nomor empat.

“Pesawat ini milik angkatan udara Amerika. Mereka hanya melintas saja, tapi ditengah perjalanan mereka mengalami permasalahan dengan mesin nomor empat, akhirnya mereka calling darurat sama kita. Kita sebagai operator harus membantu, maka kita izinkan mendarat di negara kita,” ujar Danlud SIM Kolonel Pnb Suliono.

Namun, sebelum mendarat, pesawat itu sempat berputar-putar di langit Aceh untuk mengurangi bahan bakar guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan ketika turun ke landasan.

“Mereka sempat meminta untuk mendarat darurat bukan di landasannya. Namun, ketika pihak bandara mencoba mengarahkan agar mendarat di runaway, akhirnya pesawat itu landing dengan sempurna dan aman,” ujar Suliono.

Manager Operasi Angkasa Pura Bandara SIM, Surkani mengatakan atas kejadian itu waktu penerabangan lainnya tidak terganggu.

“Waktu penerbangan lain tidak terganggu karena sedang kosong,” ujarnya. []

loading...