HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sering Masak dengan Wajan Besi Sangat Baik Bagi Kesehatan

Wajan cast iron. FOTO/Pixabay/WikimediaImages
33

HARIANACEH.co.id —¬†Sebagian besar dari Anda yang suka memasak, mungkin lebih suka menggunakan peralatan memasak anti lengket. Namun, peralatan memasak dari bahan besi atau tembaga tak hanya dapat menghasilkan makanan yang lezat, tapi juga lebih menyehatkan.

Memasak dari wajan besi atau tembaga dapat meningkatkan kandungan zat besi dari makanan Anda dan membantu Anda mendapatkan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pediatrics, dibandingkan memasak di panci antilengket, Anda bisa mendapatkan sebanyak 16 persen lebih banyak zat besi dengan menggunakan panci dari besi atau tembaga.

Tetapi, tidak semua makanan mendapatkan zat besi yang tinggi. Makanan asam dapat menyerap sebagian besi yang mungkin disebabkan karena vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi.

Namun, sulit untuk menghitung persis berapa banyak zat besi makanan Anda akan benar-benar menyerap. Semakin lama Anda memasak dalam panci, semakin besar zat besi menyerap.

Selain itu, umur panci yang digunakan juga dapat memengaruhi. Panci yang sudah lama digunakan mengembangkan lapisan tipis yang membuat besi kurang reaktif dengan makanan. Sulit memang untuk mengetahui pasti berapa banyak zat besi tubuh Anda benar-benar menyerap.

Tak semua orang mendapatkan manfaat dari pemakaian wajan besi atau tembaga. Bagi penderita hemochromatosis keturunan atau gangguan di mana tubuh mendapatkan terlalu banyak zat besi, menggunakan wajan besi mungkin dapat membahayakan kesehatan. Sebaiknya, Anda menggunakan peralatan masak stainless steel.[]

Komentar
Sedang Loading...
Memuat