HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dukungan SMS di Hangouts Akhirnya Dihentikan Pihak Google

15

HARIANACEH.co.id – Google mengumumkan sejumlah perubahan pada rangkaian platform pesan karyanya, melanjutkan perubahan yang sebelumnya telah digulirkan oleh raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini.

Pada awal bulan Maret lalu, rangkaian perubahan tersebut pertama kali dihadirkan Google pada transisi Hangouts menjadi platform terorientas pada produktivitas dan kolaborasi. Pada pengumuman tersebut, Google juga mengumumkan dua fitur baru bernama Hangouts Meet dan Hangout Chat.

Menurut GSM Arena, Hangouts Meet memungkinkan pengguna memanfaatkan fitur panggilan video Hangouts melakukan pertemuan dengan peserta dalam jumlah besar. Sementara Hangouts Chat lebih memanfaatkan teks dalam berkomunikasi dengan rekan atau keluarga.

Selain perubahan nama dari Hangouts, Google juga mengumumkan Hangouts tidak lagi mendukung integrasi SMS, mulai 22 Mei mendatang. Sejumlah perubahan yang dihadirkan Google pada Hangouts tetap tidak mengubah fungsinya sebagai platform dan bisnis.

Namun, perubahan yang dihadirkan Google tersebut tidak akan berpengaruh pada pengguna Project Fi atau Google Voice, hingga waktu yang belum dapat dipastikan. Google juga melakukan perubahan nama pada Android Messagers, menjadi Google Messenger.

Fitur ini akan dikhususkan untuk menampilkan antarmuka SMS sederhana, dan tetap menjadi klien SMS untuk smartphone yang tidak memiliki aplikasi SMS bawaan. Tidak hanya itu, Google juga tengah mempersiapkan proses update Android Messages.

Update ini berisi dukungan RCS, memungkinkan pengguna mengirimkan lampiran dengan ukuran lebih besar, dan pesan dengan jumlah karakter lebih banyak, jika dibandingkan dengan SMS. Update ini juga akan mendukung kemampuan membaca struk.

Proses transisi juga terjadi pada Google Talk, berubah dan terintegrasi dengan Hangouts. Akibat proses transisi ini, pengguna Google Talks pada kotak masuk Gmail akan diminta untuk melakukan update ke Hangouts.

Perubahan terakhir yang diumumkan Google adalah aplikasi Legacy Google Talk. Aplikasi yang terakhir kali mendapatkan update pada 2013 ini tidak lagi dapat berfungsi secara efektif dalam waktu dekat.

Hangouts
Hangouts
Developer: Google LLC
Price: Free
  • Hangouts Screenshot
  • Hangouts Screenshot
  • Hangouts Screenshot
  • Hangouts Screenshot
  • Hangouts Screenshot
  • Hangouts Screenshot
  • Hangouts Screenshot
  • Hangouts Screenshot
  • Hangouts Screenshot
  • Hangouts Screenshot
loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time