HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Warga Hong Kong Berunjuk Rasa Pada Saat Pemilu Akan Dimulai

6

HARIANACEH.co.id, HONG KONG – Ribuan warga berunjuk rasa di pusat kota Hong Kong pada Jumat 24 Maret kemarin, untuk memberikan dukungannya kepada John Tsang, kandidat favorit menjelang pemilihan umum, pekan ini.

Di tengah-tengah pendukungnya, Tsang mengatakan, pemilu adalah kesempatan bagi rakyat Hong Kong untuk membangun kembali kepercayaan, menyatukan komunitas dan menghidupkan harapan kembali.

Dilansir Asian Correspondent, Sabtu 25 Maret 2017, pemilu ini digelar untuk memilih Kepala Eksekutif baru Hong Kong untuk lima tahun ke depan.

“Banyak orang mengeluh karena mereka tidak bisa memilih. Selain berkomentar di media sosial, mereka tidak bisa melakukan apapun lagi,” kata Tsang sambil berdiri di atas bus tingkat.

“Tapi, saya mengharapkan dukungan anda. Kepala eksekutif adalah pemimpin 7,3 juta warga Hong Kong.”

Rival Tsang, Carrie Lam, sudah terjamin akan menang karena dukungan Tiongkok, pertanyaan masih ada tentang seberapa terpecahnya suara komite ini, dan apa dampaknya pada seruan bagi reformasi politik dari generasi muda dan kalangan pro-demokrasi.

Mulanya, tahun 2017 direncanakan sebagai tahun di mana Hong Kong boleh memilih langsung pemimpinnya. Tetapi Tiongkok semakin mengetatkan kendali politiknya dan kini, kesenjangan antara penduduk Hongkong dan pemimpin komunis di Beijing semakin besar.

Untuk saat ini, tampaknya Tiongkok masih berkuasa di Hong Kong. Namun, disinyalir pemilu ini tidak akan mengakhiri polemik politik di Hong Kong itu sendiri.

Jelang pemilu, sekitar dua ribu personil kepolisian akan ditempatkan di sekitar pusat Harbourfront, untuk mengantisipasi jika ada kerusuhan saat pemungutan suara digelar.

loading...