HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pengen jadi Duta Wisata Aceh Besar ? Ini Syarat-syaratnya

Ilustrasi Duta Wisata Kota Banda Aceh. Foto: HAI/Eko Deni Saputra
50

HARIANACEH.co.id, Aceh Besar – Gaminong, buat kamu yang pengen ikutan pemilihan Duta Wisata Aceh Besar, kini pendaftarannya sudah dibuka. Kamu bisa mendapatkan formulir registrasi dengan cara mendownloadnya pada link: bit.ly/dutarayeuk2017. Berkas formulir pendaftaran yang telah diisi, terakhir kali dapat diserahkan ke panitia pelaksana pada 7 Maret 2017. Berkas harus  diantar ke Sekretariat PP HIMAB (Himpunan Mahasiswa Aceh Besar).

“Pendaftaran sudah dibuka sejak 27 Maret 2017 dan  akan berakhir 7 April 2017,” kata Ketua Panitia Pelaksana Ajang Pemilihan Duta Wisata Aceh Besar, Meriza Akbar, Selasa (28/3/2017).

Gaminong yang ingin mengikuti ajang pemilihan ini, kata dia, harus mengikuti beberapa persyaratan yang telah ditentukan, seperti harus berusia 17-23 tahun. Kemudian belum menikah, memiliki kemampuan berbahasa asing, belum pernah menjadi finalis duta wisata perwakilan kabupaten/kota lain. Dan yang paling penting adalah tidak sedang menjabat sebagai duta pada ajang lain.

“Tahun ini kita targetkan bisa mendapat 100 peserta. Mereka nantinya akan melalui tiga tahap seleksi, mulai dari seleksi berkas, wawancara, dan proses penjurian,” katanya.

Pada tahap wawancara pertama, panitia hanya akan memilih delapan pasang peserta untuk menjadi finalis yang akan mengikuti karantina. Kedelapan pasangan yang lolos, kata Meriza, akan kembali diwawancarai juri profesional. Tahap ini merupakan penilaian terakhir sebelum malam puncak untuk penentuan inong dan agam Duta Wisata Aceh Besar 2017.

“Waktu malam penobatan dan lokasinya masih dirahasiakan agar surprise dan lebih meriah. Juri akan memilih lima pasang agam inong menjawab pertanyaan yang diberikan oleh juri,” katanya.

Kata dia, Duta Wisata Aceh Besar yang dicari tidak hanya yang berwawasan luas dalam bidang pengetahuan umum, agama, pariwisata dan budaya Aceh. Namun juga memiliki kepribadian yang baik dan mampu bertanggungjawab selama mengemban sebagai Duta Wisata Aceh Besar 2017.

“Dalam masa pendaftaran kami juga akan mengadakan roadshow di beberapa universitas dan sekolah, di tambah dengan sosialisasi seputar pariwisata dan kebudayaan Aceh serta kegiatan dutarayeuk, sehingga peserta bisa bertanya-tanya seputar duta wisata Aceh Besar dan mendaftar secara langsung dengan panitia,” tutur Akbar.[]

Editor: Alfian Ocxie

Komentar
Sedang Loading...
Memuat