HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Provinsi Gorontalo Diguncang Gempa 5 Skala Richter

10

HARIANACEH.co.id, GORONTALO – Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) menguncang Provinsi Gorontalo, Rabu pukul 15.20 WIB. Pusat gempa atau episenter berada di Teluk Tomini arah Selatan Taludaa, atau sekitar 70 km Barat Daya Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

“Gempa terjadi di lokasi 123,44 derajat bujur timur dan 0.09 derajat lintang utara. Kedalaman 115 kilometer,” kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo Fathuri, seperti dikutip Antara, Rabu 29 Maret 2019.

BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, dan pihaknya sementara menunggu laporan dari warga bila ada kerusakan.

“Melihat parameter gempa dan peta guncangan, diperkirakan tidak ada kerusakan yang berarti. Tapi jika ada yang menemukan kerusakan, kami berharap bisa melapor ke BMKG,” ujarnya.

Gempa tersebut sempat terasa oleh sebagian warga Gorontalo, namun tidak menimbulkan kepanikan. Sebelumnya BMKG menyatakan bahwa Gorontalo merupakan salah satu daerah yang
paling rawan terjadi gempa bumi.

Fathuri mengatakan besarnya guncangan gempa yang terasa ditentukan oleh besarnya magnitude dan kedalaman pusat gempa yang terjadi. “Kadang kekuatan gempanya besar, tapi kedalamannya jauh biasanya guncangan tidak terasa, demikian juga sebaliknya,” ujar Fathuri.

Menurut dia, lempeng yang paling berpengaruh di wilayah Gorontalo dan sekitarnya adalah lempeng Pasifik. Sementara lempeng Indoaustralia hanya memiliki pengaruh kecil terhadap seluruh gempa yang terjadi di daerah tersebut.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time